Open Source untuk Pendidikan

Oleh Sodikin a.k.a Chung Chin

Tulisan ini saya tuliskan setelah saya mengikuti TOT (Training of Trainer) di Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Jawa Tengah dimana nantinya peserta TOT akan menjadi seorang trainer yang melaksankan training ke 20 guru di daerahnya. Bisa di bayangkan bahwa nanti setiap peserta diwajibkan melakukan training di daerah sebanyak 20 guru dan di setiap daerah ada 12 guru yang ikuti TOT maka akan muncul lagi 240 guru di setiap kabupaten/kota di jawa tengah dan akan memunculkan 35 x 240 = 8400 guru di jawa tengah. Apabila setiap guru it mengajarkan siswa di sekolahnya misalkan 20 siswa saja maka bisa dibayangkan akan ada berapa siswa yang bisa mirgrasi ke open source dan nantinya siswa-siswa itu yang jadi generasi penerus. Dalam materi TOT itu ada materi tentang open source yang begitu bagusnya untuk digunakan dalam pendidikan. Dalam hal ini juga treining dilakukan dengan Ipteknux yang di remaster oleh pak Onno W Purbo. didalam ipteknux tersebut di tambahkan software/program aplikasi yang dapat digunakan untuk pendidikan dasar sampai menengah.
beberapa aplikasi yang dimasukkan dalam distro ipteknux diantaranya

  • Kgeography – belajar geografi dengan fun. pada waktu itu guru sangat tertarik dengan cara menempel gambar sesuai peta Indonesia
  • Kanagam – yang ini guru-guru TOT banyak yang salah dalam mengisi
  • Tuxmath – siswa bisa belajar berhitung sambil bertanding dengan rekan-rekannya untuk melawan serangan dari ruang angkasa.
  • Kalsium – siswa bisa melihat berbagai properti zat kimia dan melihat berbagai effek yang ada.
  • Maxima – siswa bisa belajar matematika terutama aljabar dengan mudah.

aplikasi diatas tidak semuanya masih banyak aplikasi-aplikasi yang lain dan sangat bermnafaat bagi dunia pendidikan. semoga aja dengan adanya distro Ipteknux dan TOT yang di lakukan bisa mendidik anak indonesia dengan software yang legal dan tidak ketergantungan pada aplikasi yang berbayar.
semoga aja melalui tulisan ini juga dapat diikuti guru-guru yang telah mengikui TOT untuk dapat menyebarkan semangat open source untuk saling berbagi dan nantinya dapat menciptakan generasi yang bisa mengembangkan open source di Indonesia dan dunia.

bagi yang mau ebook software aplikasi apa saja yang ada di ipteknux bisa download disini