Indonesia Mendunia Dengan Open Source

Oleh : Annas Maiyasya

Indonesia dikenal dunia dengan negara yang sedang berkembang. Namun dalam perkembangannya, Indonesia mengalami banyak sekali tantangan dan rintangan untuk menjadi sebuah negara maju. Ini disebabkan Indonesia yang memiliki wilayah teritorial yang begitu sangat luas dan terdiri dari banyak pulau. Selain itu, Indonesia dikenal dengan kultur budaya yang beraneka ragam dari Sabang hingga Marauke dan memiliki masyarakat yang latar belakangnya berbeda-beda. Sehingga untuk menyatukannya membutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra dan memerlukan rentang waktu yang sangat lama. Inilah faktor yang menghambat Indonesia untuk menjadi negara maju. Kondisi Indonesia saat ini begitu sangat memprihatinkan. Indonesia ketinggalan dengan negara lain. Bahkan Indonesia masih ketinggalan juga dengan negara lain yang sedang berkembang. Indonesia ketinggalan di hampir seluruh bidang, terutama di bidang IT.

Negara yang menguasai IT pastinya adalah negara yang maju. Karena dengan menguasai IT, kemungkinan besar bidang-bidang lainnya akan semakin berkembang juga. Seperti pepatah mengatakan “ sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui ”. Sebuah negara berkembang harus memiliki strategi yang matang untuk menjadi negara maju. Sehingga tidak harus mengeluarkan tenaga dan pikiran ekstra yang dapat membuang banyak waktu.

Negara-negara maju terus melakukan pengembangan dan mengupdate teknologi yang mereka miliki tanpa henti. Teknologi yang mereka miliki, mereka kembangkan sendiri atau sifatnya tertutup untuk kalangan mereka sendiri. Sehingga tidak menutup kemungkinan negara mereka akan jauh lebih maju dibandingkan dengan negara lain. Inilah persaingan antar negara, masing-masing negara menciptakan dan mengembangkan hasil karya masing-masing. Hasil karya mereka, mereka jual kepada negara-negara berkembang. Sehingga negara-negara berkembang hanya bisa menikmati hasil karya negara maju tetapi tidak bisa menciptakan dan mengembangkan hasil karya sendiri. Inilah yang menyebabkan negara berkembang seperti Indonesia sulit untuk menjadi negara maju.

Orang yang berkecimpung di dunia IT, pastinya pernah mendengar atau setidaknya sedikit mengetahui tentang open source. Keberadaan open source sangat dekat dengan dunia komputer. Komputer di dunia, rata-rata menggunakan sistem operasi yang berlisensi alias berbayar. Jika ingin menggunakan sistem operasi yang berlisensi, maka seseorang harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena harga dari sistem operasi yang berlisensi saat ini begitu sangat tinggi dan sulit dijangkau oleh orang yang berada di golongan menengah kebawah.

Belum lagi jika masa pemakaian sistem operasi tersebut sudah habis, maka harus mengeluarkan uang lagi untuk bisa menggunakan sistem operasi tersebut. Bayangkan jika sebuah instansi memiliki jumlah komputer dengan sistem operasi berlisensi yang cukup banyak. Harus berapa rupiah yang dikeluarkan hanya untuk komputer saja. Inilah yang menyebabkan negara berkembang seperti Indonesia menggunakan sistem operasi palsu alias bajakan. Indonesia salah satu negara yang tingkat penggunaan software bajakannya sangat tinggi. Ini merupakan suatu tindakan kriminal yang dilakukan secara massal, bahkan instansi-instansi pemerintahan dan penegak hukum pun menggunakan software-software bajakan. Bayangkan ada negara yang penegak hukumnya pun melakukan tindakan kriminal, mau jadi apakah negara tersebut ?. Karena Indonesia merupakan negara dengan ekonomi yang masih jauh ketinggalan dengan negara lain, mustahil Indonesia mampu menggunakan sistem operasi berlisensi pada semua komputer yang ada.

Disinilah peran open source agar Indonesia bisa mendunia seperti negara-negara lain. Open source merupakan produk yang sifatnya bebas dan terbuka. Maksudnya open source itu bebas digunakan oleh siapa saja dan tidak termasuk membajak jika ada orang yang mengcopy secara bebas, berbeda dengan yang berlisensi. Selain itu open source bisa dikembangkan oleh siapa saja yang mampu untuk mengembangkannya, tanpa harus meminta izin dari pembuatnya. Ini merupakan lampu hijau bagi Indonesia untuk terus berkembang menjadi negara maju. Tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk membuat Indonesia menjadi negara maju. Jadi hanya membutuhkan SDM yang berkualitas untuk dapat mengembangkannya. Penulis yakin dan percaya Indonesia memiliki SDM yang berpotensi dan berkualitas dalam bidang IT.

Seandainya Indonesia mampu menguasai open source, maka Indonesia akan dipandang di mata dunia. Negara-negara lain akan berbondong-bondong berebut untuk menggunakan hasil karya Indonesia. Bahkan tidak ketinggalan juga, ada negara yang meminta kepada Indonesia untuk mengirimkan SDM nya agar bisa mengajarkan dan menerapkan teknologi yang dimiliki untuk menduniakan negara lain. Inilah yang penulis katakan sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui. Hanya dengan menguasai open source, Indonesia bisa mendunia di bidang IT, ekonomi, hukum dsb. INDONESIA … GO …. OPEN SOURCE !!!