Linus Luncurkan Software Selam

H-Online.Com – Jika anda penasaran apa yang dilakukan oleh pembuat Linux disela-sela pekerjaannya dengan ribuan perubahan, koreksi dan fitur-fitur baru untuk rilis Linux selanjutnya, jawabannya sederhana : Ia membuat perangkat lunak.

Linus Torvalds baru saja merilis subsurface, sebuah program tracking selam yang dirancang setelah ia mendapati bahwa “tidak ada program log penyelaman yang bekerja seperti yang saya inginkan”. Aplikasi subsurface berjalan di LInux dan menggunakan GTK2 sebagai GUI. Ia dapat memproses file xml penyelaman atau bekerja langsung dengan komputer selam apa saja yang didukung oleh libdivecomputer.

Torvalds telah melakukan aktifitas penyelaman selama beberapa tahun, tetapi perangkat lunak ini, subsurface, baru saja digunakan dalam beberapa minggu terakhir. Pada homepage github file README mendeskripsikan aplikasi ini sebagai  “Perangkat lunak log selam dalam bahasa C yang agak dungu ” dan menyertakan tulisan “WARNING! Saya tidak bercanda ketika saya mengatakan bahwa saya membuat ini sambil membaca tutorial gtk2 karena sudah lama saya tidak menggunakannya”.

Dikatakan pula bahwa aplikasi ini telah mendukung import dan eksport serta print pdf dan menghasilkan grafik selam secara visual.

Subsurface dilisensikan dibawah GPL2 dan Torvalds mengundang para pengembang untuk berkontribusi pada perbaikan-perbaikan lebih lanjut.

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com)

Iklan