Free Pascal untuk perkembangan Open Source

oleh Sodikin a.k.a Chung Chin

Free Pascal merupakan program untuk mengcompile bahasa pemrograman turbo pascal yang bersifat open source. kemudian begitu hebatnya bahasa pascal yang dapat menginpirasi saya menjadi seorang programmer, padahal dulu sebelum mengenal bahasa pascal saya benci banget yang namanya komputer kemudian setelah mengenal bahasa pascal jadi terpacu ingin mengembangkan kemampuan saya dalam bidang komputer sampai-sampai saya menjadi asisten dosen masalah bahasa pascal.

Setelah beberapa tahun tidak menggunakan bahasa pascal dan beralih ke bahasa pemrograman yang lain akan tetapi bahasa pascal ini juga yang memperngaruhi gaya pemrograman saya dalam semua pemrograman, sampai-sampai saya bisa menganalisis bahasa pemrograman php yang notabene saya tisak bisa sama sekali, akan tetapi karena sudah terbiasa dengan bahasa pascal yang terstruktur maka saya terbiasa pula dengan menganalis kesalahan-kesalahan pada bahasa pemrograman yang lain.

Selain bahasa pascal akhir tahun-tahun ini juga saya terinspirasi dengan open source dimana begitu hebatnya komunitas-komunitas yang ada dengan menyumbangkan suatu software dengan gratis apalagi source codenya diberikan secara cuma-cuma untuk dapat dikembangkan bersama-sama. tahun 2009 merupakan titik balik saya menggunakan open source setelah mengikuti GCOS (Global Conference Open Source) dimana saya ingin ikut menyumbangkan suatu untuk perkembangan open source yang mana selama di deklarasikan IGOS tahun 2004 sampai tahun 2009 perkembanganya tidak signifikan. padahal dulu pada waktu di deklarasikan dan setelah itu ada banyak sweeping software ilegal begitu hebatnya open source untuk dapat digunakan dan dicari banyak warnet, maupun instansi-instansi yang takut adanya sweeping-sweeping tersebut. akan tetapi waktu demi waktu berlalu hilang juga semangat open source itu dan hilang pula komitmen-komitmen yang di bangun di atas. akan tetapi saya yakin komitmen-komitmen antar komunitas pengembang open source di Indonesia tidak akan berubah (ini saya lihat pada waktu ikut GConf #3 Blankon di Semarang)dimana semangatnya anak-anak muda untuk mengembangkan open source.

Melalui tulisan ini saya ingin mengobarkan semangat open source dan mengembangkan dengan menggunakan bahasa pascal yang mana bisa membantu dalam logika-logika pemrograman yang saat ini berkembang. Hal ini juga saya bingung mengapa Olimpiade tingkat Nasional maupun Internasional menekan pakai bahasa pascal sebagai bahasa pemrograman yang utama. mungkin juga karena bahasa pascal ini lah yang bisa membangun karakter seseorang dalam mengembangkan bahasa pemrograman yang lainnya.

Semoga aja melalui tulisan ini nantinya ada bibit-bibit baru atau pelajar-pelajar yang mau mengembangkan open source di Indonesia.

Iklan