Sebuah subdomain diluncurkan untuk Mendorong Pengembang Ubuntu

H-Online.Com – Canonical telah meluncurkan sebuah website baru, developer.ubuntu.com, yang ditujukan untuk para pengembang baru maupun yang sudah berpengalaman untuk membuat langkah pertama mereka dalam pengembangan Linux.

Situs pengembang ubuntu ini mempromosikan kekuatan dan kemudahan penggunaan Quickly, sebuah framework pengembangan dari Canonical.

Website tersebut diluncurkan sebagai hasil dari mereka yang berpartisipasi pada Ubuntu App Developer Week, 5-9 September yang lalu. Saat itu para pengembang mempresentasikan tutorial-tutorial dan memberikan bantuan kepada para peserta yang hadir melalui ruang chatting. Sebuah sketsa kemudian dibuat, dengan suatu prototipe yang dibuat tertutup dan hanya bisa dilihat oleh mereka yang terlibat. Para peserta Ubuntu Developer Summits dapat memberikan tanggapa secara langsung tentang situs tersebut pada Canonical.

Arsitek User Interface yang baru saja direkrut John Oxton menyatakan bahwa tujuan dari situs ini adalah untuk memberikan bantuan yang lebih banyak dan aplikasi yang lebih baik ke dalam Ubuntu Software Centre”. Oxton juga menjelaskan bahwa website ini tidak ditujukan untuk aplikasi-aplikasi yang sudah ada dan matang, tetapi lebih kepada para individu atau team kecil yang sedang merancang aplikasi dari awal, atau para pengembang dan perusahaan indie yang sudah membuat atau sekedar baru merencanakan aplikasi tertentu yang berguna untuk platform-platform lainnya”.

Awalnya, Canonical telah melakukan riset yang menunjukkan bahwa kendala terbesar yang ditemui oleh para pengembang baru adalah pengemasan akhir terhadap aplikasi yang mereka buat. Rilis awal website pengembang ini mencakup  panduan tiga langkah untuk mengemas dan mempublikasikan aplikasi stabil ke dalam Ubuntu Software Centre. Bagian sumber daya pada situs ini sedang direncanakan untuk menyediakan beragam dokumentasi bagi para pengembang.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan