Repositori Publik versi Beta Ekstension LibreOffice  Diluncurkan

H-Online.Com – Para pengembang LibreOffice dan Document Foundation telah mengumumkan peluncuran suatu repositori publik versi beta untuk extension dan templat bagi LibreOffice.

Anggota Sterring Committee Document Foundation, Florian Effenberger menjelaskan hal ini,”Pada saat ini, belum ada sumber yang terpercaya dan stabil untuk mengunduh add-on – add-on ini”, dan repositori yang baru akan menyediakan solusi untuk itu. Repositori ekstension dapat diakses di extensions-test.libreoffice.org sementara repositori templat di templates-test.libreoffice.org.

Repositori itu sendiri dibangun diatas Plone dan membuat pengguna dapat mencari menggunakan kata kunci, kategori, versi LibreOffice atau berdasarkan urutan rating tertinggi, yang paling banyak diunduh, yang terbaru atau yang baru saja diupdate.

Repositori ini hanya akan menerima perangkat lunak yang menggunakan lisensi Free Software dan setiap daftar di repositori akan dikaji oleh sukarelawan komunitas, yang akan memberikan tag bahwa software bersangkutan sesuai jika kriteria yang ada dipenuhi.

Repositori sebelumnya yang dijalankan oleh proyek OpenOffice memperkenankan baik perangkat proprietary maupun free untuk masuk ke dalam daftar dan hanya memiliki sedikit komunitas yang melakukan evaluasi terhadap perangkat lunak yang ada. Sementara repositori LibreOffice ini di masa mendatang akan menawarkan ekstension dan tempat yang sesuai dengan Open Offcei dan perangkat Office lainnya ketika muncul dalam daftar.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com