Open Source Indonesia

Oleh : Walid Umar (Gorontalo)

Open Source, adalah sebuah software yang sourcenya disediakan untuk umum, sehingga bisa digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja, sehingga lebih meningkatkan kreatifitas Sumber Daya Manusia Yang mengembangkan sehingga lebih bisa bermanfaat dan digunakan untuk sesama.

Open Source khususnya di indonesia merupakan sebuah kata yang langkah, Open Source di indonesia identik dengan Sistem Operasi / Open Source Berbasis Linux, dan sampai sekarang sudah banyak distro-distro linux yang sudah bertebaran di internet, yang lebih menawarkan fitur-fitur yang lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami. oleh pengguna komputer yang masih awam tentang komputer, bahkan lebih mudah dibandingkan Sistem Operasi Close Source milik Microsoft.

Awalnya dalam penggunaan open source di indonesia ini tergantung dari kebiasaan masing-masing dalam mempelajari sebuah sistem, saya kasih analogi tentang penjelasan diatas, khususnya dilembaga-lembaga swasta/negeri banyak yang membuka pelatihan/pembelajaran tentang. dasar-dasar komputer, yang dominannya menggunakan sistem operasi Close Source (milik Microsoft), apabila awalnya dalam belajar komputer pertama kali kita dikenalkan dengan sistem operasi open source. maka tentunya apabila dihadapkan dengan sistem operasi windows, kita tentunya akan bingung seperti pada kondisi sekarang yang kita hadapi, yang menjadi pertanyaan sekarang ini apakah Indonesia sudah siap dan cukup dewasa untuk meninggalkan sistem operasi yang sudah familiar sejak lahir, apakah sudah siap ? semua itu bergantung dari individu masing-masing, bagaimana menyikapi tentang adanya berbagai perubahan yang ada.

Agar lebih efektif untuk mempelajari sistem operasi / Open Source Software, kita harus lebih aktif untuk mengikuti Pertemuan,Seminar,Komunitas-komunitas yang berhubungan dengan OpenSource. dengan mengikuti kegiatan-kegiatan dan bergaul dengan lingkungan open source maka kita akan terbiasa dengan Open Source, karena Komunitas Online/Offline tentang open source sudah sangat banyak ada di indonesia, tergantung dari Masing-masing pribadi bagaimana menyikapi tentang Perubahan, dari Yang tidak Halal (dominan yang menggunakan software microsoft tidak menggunakan licensi yang sah alias bajakan) ke Yang HALAL,

Semoga Indonesia Bisa berubah dan semakin baik kedepannya tentang perubahan Open Source Kedepannya

Walid

Gorontalo