Linux Ubuntu Mainframe ?

Oleh : Steven J. Vaughan-Nichols

Maintenance Z-196 IBM (sumber: zdnet.com)

ZdNet.Com – Ketika anda berpikir tentang “Ubuntu Linux,” anda mungkin berpikir tentang distro Linux berbasis komunitas dan  Desktop Linux.

Itu bagus, tetapi Canonical, perusahaan pengasuh Ubuntu juga ingin anda berpikir Ubuntu sebagai sebuah platform sistem operasi server dan cloud.

Untuk itu, Canonical telah bekerja sama dengan IBM untuk menjadikan Ubuntu tersertifikasi pada  Jajaran Perangkat Keras Sistem P Power dan mainframe System z High-End milik IBM.

Iya, mungkin benar jika anda berpendapat bahwa Linux Ubuntu mungkin terlalu dini untuk disertifikasi dan berjalan di perangkat keras enterprise jajaran elit milik IBM. Sebelum ini, Canonical juga sukses bekerjasama dengan IBM dalam membawa sertifikasi Ubuntu pada System x x86-powered dan jajaran BladeCenter milik IBM.

Secara resmi, semua orang di Canonical harus berkata bahwa “Kebijakan perusahaan kami adalah bahwa kami tidak memberikan komentar apapun pada tiap rumor yang mungkin berkembang. Walau kami tentu saja akan tetap mendengar setiap berita yang datang dari luar Canonical”. Jauh dari berita publik, saya mendengar bahwa Canonical dan IBM telah bekerja keras untuk memperluas pencapaian Ubuntu pada perangkat keras IBM.

Jika semuanya berjalan lancar, Ubuntu akan secara resmi didukung oleh System p dalam bulan ini dan akan disertifikasi pada mainframe Z pada akhir tahun ini. Hal ini dapat terjadi karena Canonical bekerja keras untuk meningkatkan pangsa pasar bisnis mereka. Meskpun Ubuntu dianggap satu-satunya distribusi individu Linux yang paling populer, ia selalu tertinggal di belakang Red Hat dan SUSE, juga Novell dalam hal bisnis. Canonical ingin merubah itu.

Dalam upaya mencapai itu, Canonical telah meningkatkan kerjasamanya dengan Manufaktur Inti Perangkat Keras (Original Equipment Manufacturers (OEMs)) terutama perusahaan-perusahaan server seperti Dell, dan juga memperluas pelangganya di kalangan enterprise. Langkah kerjasama berikutnya dengan IBM ini membuat upaya pencapaian strategi itu menjadi semakin baik.

Bagaimana dengan IBM ? Linux telah menjadi sesuatu yang sangat, sangat baik bagi IBM pada 10 tahun yang lalu dan mereka sedang menyukai Ubuntu. Secara historis, IBM telah beraliansi dengan Red Hat dan Novell/SUSE. Tetapi, sebagaimana yang dikatakan oleh Presiden IBM untuk bidang Pengembangan Open System, Dan Frye, IBM adalah penganut agnostik untuk sistem operasi dan Linux. IBM akan dukung apa saja yang diinginkan oleh pelanggan mereka,, dan, dalam pengamatan saya, mestilah kini pelanggan IBM menginginkan Ubuntu, sehingga dalam wkatu dekat tampaknya perusahaan itu akan menggunakannya.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com