OpenSSH 5.9 Dirilis

H-Online.Com – Para pengembang OpenSSH telah mengumumkan rilis open source SSH versi 5.9. Dibandingkan dengan OpenSSH rilis 5.8 7 bulan lalu yang melakukan update utama disisi keamanan, update terbaru ini menyertakan beragam perubahan yang lebih luas termasuk penambahan mode integritas transport HMAC (Hash-based Message Authentication Code) berbasis-SHA256  yang baru.

Untuk menghindari suatu turunan privsep  (privilege separation) dimodifikasi dan digunakan untuk menyerang host lain, sandboxing (bak pasir) diperkenalkan dalam suatu mode opsional untuk memperkenankan pemberian penghalang pada  system calls (syscalls) yang dapat ditampilkan oleh turunan privsep child. Para pengembang memberikan catatan bahwa proses sandboxing pada prosesn turunan privsep “masihlah bersifat eksperimental tetapi akan menjadi bawaan pada rilis berikutnya”.

Komentar pada Key tetap dipertahankan ketika memuat key v.2 dan pesan peringatan ditampilkan pula jika suatu server menolak forwarding X11. Versi portable OpenSSH juga mendapatkan beberapa perbaikan bug.

Info lebih lengkap tentang update, termasuk daftar lengkap perubahan dan perbaikan bug, dapat ditemukan di catatan rilis. OpenSSH 5.9 tersedia untuk diunduh dari mirror FTP proyek tersebut. OpenSSH dirilis dibawah BSD license, OpenSSH dikembangkan oleh proyek OpenBSD dan didanai lewat donasi.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com