NSA ajukan Accumulo, Database Tanpa SQL ke Apache

H-Online.Com – Dibangun diatas proyek Hadoop, Zookeeper dan Thrift milik Apache, Accumulo adalah sebuah perangkat penyimpan kunci/nilai terdistribusi yang didasarkan pada rancangan BigTable milik Google.

Dikembangkan oleh US National Security Agency (NSA), proyek Accumulo kini telah diajukan ke Apache Software Foundation untuk dipertimbangkan dan masuk ke dalam inkubasi sebagai proyek Apache yang baru.

Perbedaan terbesar pada Accumulo adalah ia memiliki kontrol akses berbasis label yang sangat baik, yang akan memperkenankan pengguna yang berbeda untuk mengakses suatu record tetapi hanya dapat melihat keterangan dari bagian yang diperkenankan bagi mereka. Pengembang NSA meyakini bahwa database seperti ini akan membantu pemerintah, layanan kesehatan dan industri-industi lain yang mengedepankan privasi.

Berdasarkan proposal tersebut, Accumulo telah memiliki ratusan pengembang yang menggunakannya dan telah dikembangkan semenjak awal 2008.

Saat ini Accumulo memiliki 200.000 baris kode, yang kebanyakan dalam Bahasa Pemrogramman Java, serta 100 halaman dokumentasi

NSA mengatakan di dalam proposal tersebut bahwa proyek tersebut telah dibuat secara internal sebagai proyek Open Source, menggunakan perangkat-perangkat umum seperti Maven dan banyak pustaka lainnya. Meskipun tidak ada dokumentasi yang tersedia di websitenya saat ini para pengembang berharap dapat mempresentasikan makalah tentang hasil  YCSB bagi databae tersebut pada  Symposium Cloud Computing ACM 2011.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com