GNOME 3.2 akan punya sebuah mode Aplikasi Web

H-Online.Com – Versi GNOME 3.2 mendatang, akan menyediakan dukungan untuk mengintegrasikan website yang sering dikunjungi ke desktop dalam bentuk aplikasi web. Hal ini akan membuat website “yang tampak seperti aplikasi” dapat disimpan untuk kemudian dibuka seakan-akan mereka adalah aplikasi di desktop GNOME.

Xan Lopez menulis di blognya tentang perkembangan upaya membawa kemampuan itu ke GNOME dengan mengatakan “sebagian besar kode akan dimuat pada rilis versi 3.1.90 yang akan datang”.

Sebagai contoh, ia menunjukkan bagaimana Twitter dapat disimpan sebagai “Sebuah Aplikasi Web” dari browser Epiphany, yang kemudian menampilkan dialog yang membuat pengguna dapat memberikan nama bagi “aplikasi” tersebut. Browser kemudian membuat sebuah aplikasi dapat dijalankan dari Launcher menggunakan nama itu. Aplikasi yang dijalankan tidak memiliki chrome UI selain sebuah bar judul, semacam bak pasir yang terhubung ke domain asal pembuatannya tadi, mengambil cookies dari browser tapi menjalankannya dengan proses mandiri. Fitur terakhir ini (proses mandiri) berarti jika aplikasi web crash, ia tidak akan mengganggu proses browser yang lain.

Aplikasi web juga muncul dalam bentuk mode overview dan dapat ditambahkan ke dashboard untuk memudahkan menjalankan aplikasi tersebut.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com