openSUSE 12.1 Milestone 5 Dirilis

H-Online.Com – Proyek openSUSE telah merilis milestone ke 5 dari sistem operasi openSUSE versi 12.1. Versi ujicoba terakhir ditujukan untuk para pengembang, penguji dan para pengadopsi awal dan merupakan rilis milestone yang terakhir. Versi akhir  dijadwalkan diluncurkan pada 11 November 2011.

Milestone 5 ini membawa banyak perubahan pada pengaktifan systemd untuk menggantikan “InitV system”, yang masih merupakan bawan, dan menyertakan GNOME 3.1.5, versi pengembangan yang belum stabil pra-rilis GNOME 3.2. Pengembang memberikan catatan bahwa mereka sedang berfokus pada versi OpenJDK GPL saat ini., dan menambahkan bahwa milestone ini merupakan versi terakhir yang menyertakan Java Oracle.

Selain itu GNU C (glibc) telah diupdate ke versi 2.14

Berdasarkan keterangan di halaman  bug paling menjengkelkan, instalasi jaringan meminta pengguna untuk mengimport kunci publik (public key) openSUSE pada tahap kedua saat kunci itu seharusnya sudah terverifikasi, dan masalah juga masih  ada  pada KDE Network Manager, meskipun upaya perbaikan sudah masuk dalam jadwal. Pengguna yang menguji rilis tersebut didorong untuk memberikan feedback dan  melaporkan tiap bug yang mereka temukan.

Detail lebih lengkap dapat ditemukan di pengumuman rilis resmi. Milestone kelima dari openSUSE 12.1 tersedia untuk diunduh dalam bentuk image DVD atau  LiveCD image dari halaman web proyek tersebut. Pengguna yang menjalankan milestone sebelumnya dapat melakukan update dengan mengeksekusi “zypper dup” di baris perintah. Versi stabil terakhir adalah versi 11.4 yang diluncurkan pada bulan Maret tahun ini.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com