Hacker klaim Berhasil Bobol Keamanan Xbox 360

H-Online.Com – Akhir pekan lalu, hackers GliGli dan Tyros mempublikasikan “Reset Glitch Hack” dan sebauh Video YouTube video yang menunjukkan bagaimana mereka berhasil melakukan bypass pada sistem keamanan di konsol game Microsoft Xbox 360 dan memasukkan serta menyuntikkan kode mereka sendiri. Berlawanan dengan serangan sebelumnya, yang menargetkan drive atau mengeksploitasi bug pada perangkat lunak game, serangan baru ini menargetkan CPU, dan berdasarkan keterangan para hacker, tidak dapat diblok oleh software update Microsoft yang akan datang sekalipun.

Para hacker mengirimkan interferensi sinyal untuk hardware PCB Konsol

Untuk memby-pass keamanan Xbox 360, para hacker memperlambat CPU saat booting. Pada model yang sederhana, mereka melakukannya dengan menggunakan bus chip HANA (12C) yang dapat diakses secara eksternal untuk menulis ulang register-register pemisah pada generator clock. Dengan kecepatan clock yang berkurang, mereka menggunakan PCB solder biasa untuk mengirimkan sinyal 20 nano detik untuk mereset sirkuit pada titik waktu tertentu. Berdasarkan laporan mereka, hal ini tidak menyebabkan CPU merestart ulang sistem. Kemudian mereka mengembalikan kecepatan clock CPU. Para hacker mengklaim teknik ini dapat digunakan untuk memodifikasi perintah yang membandingkan area memori (memcmp). Dengan sedikit keberuntungan, hal itu akan menyebabkan Xbox gagal memeriksa tanda bootloader dengan benar, sehingga para hacker dapat menjalankan bootloader mereka sendiri.

Pemeriksaan dengan penggantian sekering tidak lagi berpengaruh pada bootloader ini, yang berarti bahwa hack ini tidak dapat diblok oleh update software. Dalam video yang mereka tampilkan, para hacker melaunching sebuah Linux loader (Xell) dan sebuah emulator Nintendo 64 (N64). Serangan dilaporkan tidak terikat pada versi firmware dan dashboard yang terinstall. Walaupun demikian, upaya itu membutuhkan empat kali percobaan mereset sinyal untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Baik model konsol slim maupun versi terbaru dari model tua Jasper kedua-duanya memiliki kerentanan tersebut. Tapi serangan tersebut belumlah diuji pada  hardware generasi pertama Xbox 360 yang menggunakan power supply 175 watt (Xenon, Falcon).

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com