Ubuntu 11.10 Beta 1 Dirilis

H-Online.Com – Canonical dan para pengembang Ubuntu telah merilis versi Beta pertama untuk versi 11.10 “Oneiric Ocelot“. Berdasarkan  Jadwal Rilis Oneiric, Ubuntu 11.10 Beta 1 akan diikuti dengan peluncuran beta kedua pada 22 September dan versi final pada tanggal  13 October.

Beta pertama dari Ubuntu  11.10 ini menyertakan kernel kustomisasi Ubuntu 3.0.0-9.15, yang berbasis pda rilis stabil kernel Linux 3.0.3. Update dan pengembangan antarmuka desktop Unity juga disertakan, bersama dengan komponen-komponen GNOME 3.15, suatu pengembangan pra-rilis dari GNOME 3.2, menyediakan layanan shell Desktop.Ubuntu Software Centre juga telah diperbaharui dengan menambahkan tampilan “peringkat atas” yang baru.

Para pengembang memberikan catatan bahwa fungsi “Places” telah berganti nama menjadi “Lenses” untuk mewakili cakupan penggunaan yang lebih luas. Lenses kini menampilkan informasi dari beragam sumber, seperti file, koleksi musik dan jaringan sosial, serta memperkenankan penyaringan berdasarkan wilayah tertentu, misalnya rating, rentang dan kategori. Sebagai contoh, pemutar musik  Banshee  (version 2.1.3) menyertakan lens musik bawaan yang baru.

Ubuntu 11.10 Beraksi

Pembaharuan paket termasuk Python 3.2, GCC 4.6.1, CUPS 1.5.0, Shotwell 0.11, dan LibreOffice versi 3.4.2  (3.4.3 dirilis pada akhir Agustus lalu). Paket tambahan termasuk perangkat backup Déjà Dup. Firefox 7 juga disertakan dan Thunderbird 7 beta kini adalah client email bawaan dengan integrasi menu dan launcher; versi stabil direncanakan rilis pada 27 September.

Perubahan lain diantaranya adalah switcher Alt+Tab yang baru, dukungan multiarch (meningkatkan penangannan pustaka dan aplikasi 32 bit pada sistem 64 bit), layar login yang baru menggunakan LightDM dan Unity 2D,  untuk penggunaan pada sistem tanpa akselerasi 3D, dengan pemindahan yang hampir mirip dengan versi 3D Unity. Sesi desktop dan indikator power juga telah dirubah.

Versi Beta 1 Ubuntu Server 11.10 dan Ubuntu Core juga sudah dirilis begitu juga rilis beta 1 dari Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Mythbuntu dan Lubuntu, alternatif resmi dari Ubuntu.

Ubuntu Software Centre

Sebagaimana rilis pengembangan, penggunaannya untuk skala produksi tidaklah dianjurkan. Pengguna didorong untuk menguji rilis tersebut dan memberikan feedback serta laporan untuk setiap bug yang ditemukan.

Informasi lengkap tentang rilis beta ini, termasuk daftar masalah yang diketahui, dapat dilihat di halaman Technical Overview daftar fitur dan perubahan yang direncanakan pada  versi 11.10 tersedia di halaman Launchpad Blueprints  Oneiric. Ubuntu 11.10 Beta 1 dapat diunduh dari halaman proyek terebut. Download untuk Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Mythbuntu dan Lubuntu juga tersedia. Pengguna yang menjalanan Ubuntu 11.04 dapat menginstall versi Beta dengan menekan Alt+F2 dan mengetikkan update-manager -d di dalam kolom perintah.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com