Citrix Open Source-kan sepenuhnya Perangkat-perangkat Cloud.com

H-Online.Com – Citrix telah mengumumkan bahwa mereka telah secara penuh meng-Open Source-kan platform yang ada di belakang  Cloud.com – CloudStack. Citrix mengakuisisi Cloud.com pada bulan Juli lalu.

Platform berbasis Java tersebut telah sebagian besar tersedia secara open source selama beberapa waktu terakhir, tetapi perusahaan tersebut masihlah merawat dua jenis basis kode, satu untuk pelanggan yang berbayar, dan satu untuk pelanggan open source, kini perusahaan memutuskan hanya memliki satu basis kode untuk seluruh sistem, dan tersedia dalam lisensi GPLv3. Perangkat lunak tersebut, dapat ditemukan di cloudstack.org, mendukungVMware, XenServer,  Platform Xen Cloud dan KVM serta Oracle VM.

Rilis yang paling baru dari perangkat lunak tersebut telah menambahkan dukungan untuk mesin virtual VMware 5/vSphere 5 , Oracle VM dan bare metal provisioning (hosts yang tidak menggunakan hypervisor). Pengembang CloudStack juga berkomitmen untuk melakukan konvergensi fitur antara CloudStack dan OpenStack; saat ini mereka sedang mengintegrasikan storage Open Stack dengan CloudStack. Tujuannya adalah menggunakan OpenStack sebagai bagian dari  CloudStack, dengan penambahan fitur-fitur CloudStack. Fitur baru  tersedia dalam rilis perkenalan Cloudtack 2.2.11 yang tersedia untuk diunduh dari situs proyek tersebut.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com