Mandriva 2011 Rilis dengan Systemd dan RPM5

Mandriva.Com – Setelah beberapa bulan tertunda, para pengembang akhirnya merilis  Mandriva 2011. Distribusi ini termasuk kernel Linux versi 2.6.38.7 dan X.org 7.6 dengan X Server 1.10.3. Systemd kini digunakan menggantikan SysVinit.

Lingkungan desktop standar adalah KDE 4.6.5, tetapi versi terbaru dari Gnome 3, Xfce dan beberapa window manager disertakan pula sebagai alternatif. Perangkat lunak yang disertakan beragam mulai dari Firefox 5.0.1 dan LibreOffice 3.4.2. Beberapa perubahan telah dibuat pada program-program standar pra-instalasi, misalnya Thunderbird menggantikan program Kmail KDE sebagai mail client bawaan, sementara Shotwell kini terinstall menggantikan Digikam untuk manajemen foto. Walau demikian, Kmail dan Digikam masih tetap dapat diinstall secara manual dari repository perangkat lunak.

Perubahan laih termasuk Clementine menggantikan Amarok sebagai aplikasi musik bawaan – Clementine dikatakan lebih ringan dan lebih stabil dibandingkan Amarok. Ditambahkan pula di dalam distribusi ini Choqok,  klien micro blogging berbasis KDE. Rilis ini juga merupakan versi pertama Mandriva yang menggunakan RPM5 sebagai bawaan

Tambahan baru adalah layanan cloud MandrivaSync yang memberikan kepada pengguna ruang penyimpanan online sebesar 2 GB. Saat ini satu-satunya cara untuk melakukan sinkronisasi data adalah dengan sebuah client untuk Mandriva 2011, tetapi data dapat diakses melalui web browser.

Mandriva 2011 tersedia untuk di unduh dalam bentuk DVD image untuk sistem 32 bit dan 64 bit.  Catatan rilis dapat memberikan anda informasi lebih jauh tentang instalasi dan masalah-masalah yang ditemukan. Dengan DVD image tersebut, pengguna juga dapat menjalanan live system, menginstall distribusi atau membuat suatu LiveUSB. Pengembang juga menyediakan instruksi bagi mereka yang ingin mengupgrade dari Mandriva 2010.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com