Jumlah Malware Android Meningkat Pesat

H-Online.Com – Berdasarkan laporan dari penyedia layanan keamanan informasi McAfee, jumlah malware yang menyerang pernagkat Android telah meningkat sebanyak 76 persen semenjak kuartal pertama tahun ini. Dalam waktu hanya tiga bulan, sistem operasi Android Google telah menjadi platform yang paling banyak diserang. Laporan McAfee kuartal pertamaPDF menempatkan Android di peringkat ketiga setelah Symbian OS dan Java 2 ME, yang masih merupakan target pertama dan kedua. Wakil Presiden Senior MacAfee Lab Vincent Weafer menuturkan,” Tahun ini kami telah melihat rekaman sejumlah serangan malware, khususnya pada perangkat mobile, yang  terkait dengan semakin populernya perangkat tersebut”.

McAfee,  yang kini adalah bagian dari Intel, juga mengatakan bahwa setengah bagian pertama tahun ini adalah “masa tersibuk” dalam sejarah Malware. Dalam enam bulan pertama tahun 2011, mereka mengamati kemunculan pertama perangkat lunak anti virus palsu pada Mac OS X, seiring “peningkatan rootkit yang signifikan”. Dalam laporan ini perusahaan tersebut menyebutkan mereka mengidentifikasi 12 juta sampel unik pada enam bulan pertama, meningkat sebanyak 22 persen dari tahun 2010. Mereka sendiri mencatat bahwa jumlah malware yang bisa berhasil dikoleksi hingga akhir tahun ini adalah sekitar 75 juta sampel, termasuk beragam variannya.

Detail yang lebih lengkap tentang laporan tersebut dapat dibaca di makalah yang berjudul “McAfee Threats Report: Second Quarter 2011PDF“.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com