Dari Mozilla: WebAPI untuk Penggunaan HTML5 di Telepon

H-Online.Com – Robert Nyman, seorang Evangelist teknis di Mozilla, telah mengumumkan pengantar untuk WebAPI, suatu proyek yang ditujukan untuk “menyediakan penggunaan dasar HTML5 di telepon dalam 3 hingga 6 bulan ke depan”. Tujuannya adalah menyediakan suatu set API yang konsisten digunakan pada lintas browser, sistem operasi dan perangkat keras, serta memungkinkan  penggunaan metode yang umum untuk mengakses fungsi telepon. Daftar fungsi yang diberikan dalam pengumuman tersebut termasuk dialer, buku alamat, SMS, Jam, kamera, kalkulator dan peta.

Posting di MozillaWiki memberikan detail lebih jauh tentang proyek tersebut, dan menjelaskan bahwa tatkala spesifikasi itu lengkap dan implementasi prototipe siap, API yang baru akan didaftarkan ke W3C untuk standarisasi yang dimungkinkan. Halaman wiki menekankan bahwa keamanan akan mendapatkan prioritas yang tinggi dalam proses pengembangan tersebut : “Kami tidak ingin halaman web sembarang dapat membaca daftar kontak pengguna atau dapat memberikan perintah sembarang pada perangkat USB yang dipasang di komputer pengguna.”

Mereka yang ingin turut serta dalam pengembangan atau berkontribusi pada WebAPI Mozilla dapat bergabung di dev-webapi mailing list atau di mozilla.dev.webapi discussion group.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com