Fedora 16 “Verne” versi Alpha dirilis

H-Online.Com –  Fedora Project telah membuat versi pertama dan satu-satunya versi Alpha dari Fedora 16. Versi itu kini tersedia untuk  di unduh. Sebenarnya rilis dijadwalkan minggu lagu, tetapi tertunda selama satu minggu dikarenakan adanya  serangkaian masalah. Dampaknya adalah, Fedora harus memundurkan semua jadwal selama 7 hari, sehingga Fedora 16 (yang dinamakan Jules Verne) diharapkan bisa muncul pada 1 November yang akan datang.

Fitur freeze kini sudah terpasang, sehingga versi alpha ini seharusnya sudah memuat seluruh perubahan utama yang ingin diuji. Termasuk pula perpindahan ke boot loader  GRUB2, yang secara resmi masihlah dalam tahap pengembangan, tetapi juga telah digunakan oleh banyak distribusi Linux yang lain.

Versi alpha ini menggunakan kernel 3.0, tetapi versi yang akan dirilis pada akhir September atau awal Oktober nanti diharapkan sudah berpindah ke versi 3.1.  Disertakan di versi alpha ini  KDE Plasma Workspaces 4.7.0, dan GNOME 3.1.5 akan menyediakan cita rasa awal dari  GNOME 3.2. Tim pengembang juga mengganti script ini lebih jauh dengan  systemd units. Systemd diganti mula-mula pada Fedora 15. Rencana berpindah ke Btrfs sebagai sistem file bawaan  ditangguhkan untuk versi selanjutnya.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com