GIMP 2.7.3 Hadir Dengan Mode Jendela-Tunggal

H-Onine.Com – Dalam postingnya di website proyek GIMP, para pengembang GIMP telah mengumumkan kehadiran update ketiga dari GIMP 2.7.x . GIMP adalah kependekan dari GNU Image Manipulation Program. Menurut para pengembang, GIMP 2.7.3  memperkenalkan sejumlah fitur-fitur penting dan pengembangan  graphical user interface (GUI), seperti penggunaan mode jendela-tunggal yang berfungsi dengan baik.

Dalam mode jendela tunggal, elemen-elemen seperti menu perangkat dan layer ditempatkan bersisian dengan gambar di jendela yang sama, bukan dalam jendela yang terpisah dari gambar. Mode jendela tunggal yang baru ini tidak aktif secara bawaan; pengguna dapat berpindah ke mode jendela tunggal lewat menu Windows –> Single.

Perubahan lain diantaranya adalah disertakannya manajemen sesi kerja (working session management) dan sebuah widget  baru spinbutton/skala hybrid. Sebuah tooltips juga ditambahkan pada opsi tool.

Seri 2.7.x adalah cabang pengembangan proyek yang tidak stabil, ditujukan untuk pengembangan rilis stabil berikutnya, yakni versi 2.8. Sebagaimana rilis versi pengembangan lainnya, penggunaan seri ini didalam sebuah lingkungan produksi atau sistem penting tertentu tidaklah dianjurkan. Pengguna didorong untuk menguji versi ini dan memberikan tanggapan serta masukan yang ditemukan.

Detail lebih lanjut seputar rilis ini, termasuk daftar perubahan dapat dibaca dalam sebuah posting di mailing list pengembang GIMP , di  catatan rilis dan di NEWS file. Kode sumber  GIMP 2.7.2 dapat diunduh dari FTP servers (FTP link) proyek tersebut, atau dari mirror-mirror lain yang tersedia.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com