Arch Linux 2011.08.19 Dirilis

H-Online.Com – Para pengembang Arch Linux mengumumkan rilis image instalasi baru untuk distribusi Linux yang mereka kembangkan.  Arch Linux 2011.08.19 adalah rilis media instalasi terbaru pertama dalam 15 bulan terakhir dan kini menggunakan Kernel Linux 3.0

Berdasarkan keterangan dari Penanggung Jawab Rilis Dieter Plaetinck, Rilis mereka sebelumnya Versi  2010.05 telah sangat “outdated” dan  seringkali gagal untuk diinstall via jaringan, ini dikarenakan installer yang lama tidak berfungsi pada perubahan yang dilakukan di paket Linux 3.0 yang baru. Update Arch Linux Installation Framework (AIF) menyertakan dukungan untuk sistem file Btrfs dan NILFS2 dan mendukung bootloader SysLinux selain GRUB. Perubahan lainnya adalah penyertaan dukungan untuk booting dari MEMDISK dan beragam update paket.

ArchLinux adalah distribusi Linux yang ringan untuk arsitektur i686 dan x86-64. Ia ditujukan untuk pengguna Linux yang ingin membuat “lingkungan ideal mereka sendiri” dan menginstall hanya yang mereka butuhkan.

Detail lebih lengkap tentang rilis ini termasuk daftar perubahan dapat dibaca di penggumuman resmi rilis. Dapat diunduh untuk sistem 32 dan 64 bit; sebuah Panduan Resmi Instalsi  juga tersedia. Arch Linux dan komponen-komponen yang digunakannya dirilis di bawah lisensi yang beragam.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com