Pidgin Versi 2.10.0 Dirilis

H-Online.Com – Versi 2.10.0  Pidgin kini telah tersedia untuk diunduh. Update perawatan dan keamanan terbaru ini menyertakan sejumlah perbaikan bug dan memperbaiki tiga titik rawan pada aplikasi Instant Messenger (IM) Open Source tersebut.

Bug pada  pustaka libpurple yang digunakan oleh Pidgin dan klien IM lainnya seperti Adium dan Meebo, yang dapat membuat Pidgin crash di beberapa sistem operasi, kini telah diperbaiki. Pengembang mengatakan bahwa masalah tersebut terkait dengan karakter tertentu pada nickname pengguna IRC yang dapat menyebabkan masalah pointer null di plugin protokol IRC. Masalah ini ditemukan pada klien yang menggunakan libpurple versi 2.8.0 hingga 2.9.0

Versi update ini juga memperbaiki masalah-masalah yang ada pada plugin protokol MSN yang dapat menyebabkan aplikasi mengakses memory yang tidak diperlukan. Para pengembang mencatan bahwa titik rentan tersebut hanya mempengaruhi pengguna yang mengaktifkan metode koneksi HTTP, yang secara bawaan tidak diaktifkan.

Pada versi Windows, ketika pengguna mengklik URI file:// yang diterima di IM, Pidgin versi sebelumnya akan berupaya untuk mengeksekusi file tersebut. Hal ini dapat berbahaya, karena misalnya dapat menyebabkan file penyusup dapat masuk. Sebaliknya, versi yang baru kini membuka suatu file browser bagi lokasi file tersebut.

Informasi lebih jauh tentang update ini, termasuk daftar lengkap bug yang diperbaiki, dapat ditemukan pada log perubahan. Pidgin 2.10.0 tersedia untuk diunduh bagi Windows, Mac OS X dan Linux.

Ubuntu tersedia dengan Pidgin sebagai bawaan, tetapi umumnya tidak update, jadi pengguna dapat merujuk pada Halaman khusus install Ubuntu di situs Pidgin untuk menginstall versi terbaru di Ubuntu. Ditempatkan di SourceForge, Pidgin berlisensi GNU General Public Licence (GPL).

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com