Intel Open Source-kan Cilk Plus

H-Online.ComIntel Cilk Plus kini telah menjadi proyek open source. Ekstension C dan C++ tersebut menambahkan tiga kata kunci yang dirancang untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi parallel. Aplikasi yang dioptimalisasi dengan cara ini dilaporkan berjalan lebih baik terutama pada lingkungan multi-core.

Cilk Plus menyediakan tiga kata kunci _Cilk_spawn, _Cilk_sync dan _Cilk_for, sebagai notasi array khusus untuk parallelisme data dan semantik khusus yang dirancang untuk menyederhanakan debugging program pada debugger yang sering digunakan.

Programmer yang ingin mengakses fitur Cilk Plus lewat GCC suda dapat menggunakan “cilkplus” branch pada GCC 4.7 yang menyertakan ekstension Intel. Cilk Plus juga tersedia sebagai suatu  dedicated runtime library (dibawah lisensi BSD 3-Clause ), dan sebagai sebuah komponen Intel Parallel Building Blocks.

Cilk Plus  berbasis pada Cilk technology yang dikembangkan bersama-sama oleh  M.I.T. and Intel selama sekitar 20 tahun. Cilk Plus dikatakan dapat membuat penambahan paralelisme pada program yang sudah ada tidak memerlukan restrukturisasi pekerjaan yang sudah ada secara signifikan. Intel mengatakan bahwa runtime system yang ada sangat scalable dan beroperasi dengan lancar pada sistem dengan ratusan core.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com