Yang Berulang Tahun ke 20 adalah World Wide Web, Bukan Internet

David Murphy, PCMag.Com – Selamat ulang tahun ke-20 World Wide Web ! Atau setidaknya, webpage pertama yang diluncurkan dan disebut World Wide Web. Bukannya Internet. Web.

Tampaknya karya Tim Berners-Lee ini telah membingungkan semua orang mulai dari individu biasa hingga pemula di dunia internet untuk waktu yang cukup lama. Jadi mari kita kembali mengkaji apa sesungguhnya yang kita rayakan sehingga kita tidak tampak bodoh ketika menuliskannya di kartu ucapan ulang tahun.

Ini dia : Internet tidaklah berusia 20 tahun, tidak pula sinonim yang kita rayakan hari ini. Yang berusia 20 tahun adala World Wide Web yang kemudian berubah istilah menjadi Internet sekitar 15 tahun yang lalu dan seakan tertuju pada halaman web pertama.

Padahal istilah tersebut digunakan pertama pada Desember 1974 untuk mendefinisikan sistem komputer global yang yang saling terhubung melalui protokol TCP.

Internet adalah fondasi teknologi yang membuat World Wide Web menjadi mungkin. Ia adalah sistem jaringan lokal, regional dan jaringan-jaringan terpisah lainnya yang semuanya saling terjalin sehingga komputer yang satu dapat terkoneksi dengan komputer (atau smartphone) yang lain untuk memfasilitasi pertukaran informasi.

Sebaliknya, Web, jika dianalogikan dengan “salaman” – hanyalah satu metode seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain dalam kapasitas yang sama. Berners-Lee tidak mengkoneksikan seluruh komputer di dunia pada tahun 1991. Dia, mengembangkan tiga teknologi yang berbeda yang memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan bertukar informasi dengan cara yang lebih baik dalam sistem yang terhubung satu sama lain tadi.

Teknologi pertama adalah Uniform Resource Locator (URL), yang kedua adalah HyperText Markup Language (HTML) dan yang ketika adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Proyek WWW dimulai untuk memperkenakan para fisikawan di bidang energi tinggi untuk berbagi data, berita dan dokumentasi. Kami sangat tertarik menyebarkan web ke area yang lain, dan memiliki server gateway untuk data-data lain. Kolaborator sangat kami nantikan.” demikian tulis Berners-Lee dalam postingnya di alt.hypertext newsgroup pada tanggal 6 Agustus 1991 – Hari kelahiran World Wide Web.

Bukan Internet.

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com)