Intel Investasikan 30 Juta Dollar untuk Riset Cloud Computing

zdnet.Com – Saat ini cloud computing adalah topik hangat, adalah suatu kesalahan jika ada yang menganggapnya sebagai trend sementara.

Intel sedang merangsek maju dengan inisiatif cloud computing milik mereka sendiri dengan investasi finansial dan infrastruktur yang luar biasa

Secara khusus, perusahaan Silicon Valley tersebut telah berencana untuk menanamkan sekitar US$ 30 juta  dalam waktu lima tahun ke depan pada dua proyek baru Intel Science and Technology Centers yang ditempatkan di Carnegie Mellon University. Masing-masing ISTC tersebut akan berfokus pada riset cloud and embedded computing

Dana sebesar US$ 30 juta itu hanya bagian pertama dari keseluruhan US$ 100 juta yang direncanakan dialokasikan untuk mengakselerasi riset dan inovasi di universitas.

Justin Rattner, Kepala Teknologi Intel menjelaskan dalam suatu pernyataan  seputar potensi hasil yang akan didapatkan dalam beberapa tahun ke depan lewat investasi riset ISTC ini :

Bayangkan, sebagai contoh, mobil masa depan dipasang sensor dan microprosessor tertanam untuk secara teratur mengumpulkan dan menganalisa data lalu lintas dan cuaca. Informasi tersebut dapat dibagikan dan dianalisa di cloud sehingga pengemudi dalam mendapatkan saran untuk rute yang lebih cepat dan aman.

Mungkin Google dapat menggunakan beberapa dari teknologi tersebut — setidaknya terkait lalu lintas — pada mobil tak berawak yang diluncurkan minggu ini.

Selain itu, disamping pengembang dan peneliti dari Intel sendiri, ISTC juga memperoleh ide dari para peneliti terkenal di seluruh negara, terutama dari Georgia Institute of Technology, University of California Berkeley, Princeton, University of Illinois at Urbana Champaign, dan tentu saja dari Carnegie Mellon, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Intel saat ini telah menerima aplikasi-aplikasi dan abstrak dari para peneliti di komunitas akademisi Amerika Serikat untuk mempertimbangkan proses penempatan lokasi ISTC baru yang lain. Setidaknya satu lagi pusat ISTC yang baru akan diluncurkan pada akhir tahun 2012 yang akan datang.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com