H-Online.Com – Microsoft telah mengumumkan total hadiah uang sebesar US$ 250.000 dalam sebuah kompetisi yang bertujuan menemukan teknologi baru yang akan mencegah para penjahat mengeksploitasi kerentanan keamanan memoeri. BlueHat Prize – nama yang diberikan setelah konferensi hacker internet Microsoft, Blue Hat.

Kompetisi ini ditujukan untuk memotivasi komunitas hacker guna mengembangkan fungsi pertahanan terkait dengan teknologi DEP (Data Execution Prevention) dan ASLR (Address Space Layout Randomisation). Microsoft tidak mengeluarkan biaya apapun saat mengadopsi teknologi ASLR. Perusahaan tersebut menggunakan konsep yang dipublikasikan oleh team PaX.

Pemenang kontes BlueHat Prize akan menerima $200,000, sementara juara kedua akan diberikan penghargaan sebesar $50,000. Pemenang ketiga akan menerima hak keanggotaan MSDN bukan uang tunai. Untuk dapat mengikuti kontes ini, seorang programmer harus berusia setidaknya 14 tahun dan tidak bekerja di Microsoft atau di organisasi pemerintah. Dalam suatu telekonferensi, juru bicara Microsoft mengatakan bahwa Microsoft tidak akan menyimpan hasil pengembangan tersebut buat mereka sendiri; Microsoft akan mendapatkan jaminan atas suatu hak yang tidak dapat dibatalkan, bersifat jangka panjang, bebas royalti, worldwide, non-ekslusif, dapat dibuat sublisensi, tidak tertutup dari teknologi yang nanti ditemukan; tetapi para pembuat juga masih tetap bebas memasarkan temuannya kepada pihak lain.

Kontes dijadwalkan ditutup pada tanggal 1 April 2012. Pemenanga akan dipilih oleh juri yang terdiri dari karyawan Microsoft yang akan menguji kriteria-kriteria yang ada seperti kepraktisan dan kehandalan. Pemenang akan diumumkan pada  konferensi keamanan Black Hat USA tahun depan.

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com)