LibreOffice 3.4.2 Kini “Enterprise Ready”

H-Online.ComThe Document Foundation (TDF) telah mengumumkan rilis versi 3.4.2 perangkat kantoran Open Source LibreOffice . Berdasarkan keterangan dari anggota Steering Committee Italo Vignoli, rilis ketiga di cabang 3.4.x itu kini siap untuk digunakan baik untuk individu maupun untuk kalangan enterprise. Sebelumnya juga telah ada versi 3.4.0 dan 3.4.1 yang tidak direkomendasikan untuk digunakan untuk tujuan produksi.

Vignoli mengatakan bahwa versi 3.4.2 ini merupakan hasil kolaborasi dari 300 kontributor yang telah membuat lebih dari 23.000 penyuntingan, dengan tambahan, penghapusan atau modifikasi sekitar 5 juta baris kode. SUSE dan Oracle menyumbangkan masing-masing sekitar 25 persen dari keseluruhan penyuntingan yang dilakukan. Sukarelawan individu yang baru tercatat menyumbangkan 25 % modifikasi yang lain, lalu 20 % berasal dari Redhat dan lainnya dari Canonical dan perusahaan-perusahaan lain.

Para pengembang mencatat bahwa versi akhir dari 3.4.2 ini adalah “sama persis dengan versi 3.4.2 Rilis Kandidat 3”; Pengguna yang sudah menggunakan versi RC 3 tidak perlu lagi mengunduh atau menginstall versi terakhir ini.  Versi 3.4.3 direncanakan diluncurkan pada akhir Agustus mendatang dan akan menyertakan perbaikan dan pengembangan di sisi keamanan.

Informasi lebih jauh tentang rilis ini, termasuk daftar lengkap fitur yang baru dapat dibaca di  catatan rilis di halaman  Fitur dan Perbaikan Baru 3.4  dan pada posting yang terdapat di blog The Document Foundation. LibreOffice 3.4.2 tersedia untuk  diunduh bagi pengguna Windows, Mac OS X dan Linux dari situs proyeknya. Source Code LibreOffice dilisensikan dibawah LGPL versi 3.

(Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com)