Toko Game LINUX yang Baru Diluncurkan 7 Juli 2011

Phoronix.Com – Meskipun belum ada kualitas game yang luar biasa untuk pasar game asli Linux yang kecil, sebuah toko game berbasis web akan diluncurkan pada tanggal 7 Juli ini. Toko game itu adalah Gameolith.com, yang memilih tag  “The Linux Game Download Store.” Belum banyak informasi yang bisa diperoleh tentang toko ini, tetapi dari tagline mereka, tampaknya bentuk layanannya adalah e – delivery atau berbasis download.

Website mereka belumlah resmi diluncurkan. Tapi ada sedikit informasi yang bisa kita peroleh di halaman ini. Tampaknya toko ini akan berbasis browser, bukan dalam bentuk sebuah sistem native seperti Valve’s Steam, Desura ataupun Ubuntu Software Center. Tapi tampaknya mereka juga memaketkan game-game yang ada dalam format Debian dan RPM. Belumlah jelas apakah Gameolith akan membundel suatu Manajemen Hak Digital (DRM) untuk game-game yang ada. Tampak pula Gameolith juga akan membangun sebentuk komunitas dan menyampaikan berita-berita terbaru kepada mereka.

Gameolith berbasis di Inggris dan dimiliki oleh 736 Computing Services Limited. 736 Computing Services adalah sebuah perusahaan kecil perancang web yang diluncurkan tahun lalu. Sedikit ironi untuk sebuah perusahaan perancang website, karena website mereka justru tampak kurang baik ditampilkan di Firefox. Domain gameolith didaftarkan ulang pada 2009 yang lalu. Informasi yang bisa diperoleh tentang orang yang berhubungan dengan perusahaan ini adalah Jonathan Prior, yang merupakan seorang pengembang.

Adalah hal yang menarik untuk melihat apakah Gameolith akan mampu melakukan sesuatu yang akan membedakan diri mereka dari Tux Games dari Linux Game Publishing atau dari toko game online Linux lainnya. Juga adanya kemunculan Desura dan Steam yang akan berkompetisi dengan Ubuntu Software Center yang terus bertumbuh. Kita lihat tanggal 7 Juli yang akan datang.

Terjemah Bebas dan Diolah Ulang oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com