Koleksi Buku Milik Charles Darwin Kini Tersedia Online

TGDaily.Com – Seluruh perpustakaan ilmiah pribadi milik Charles Darwin – termasuk catatan-catatan pinggir yang ia buat – kini tersedia secara online untuk pertama kalinya.

Sejumlah 1.480 buku, yang sebagian besar dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Cambridge, telah didigitalkan termasuk beberapa yang ada di perpustakaan dan museum lainnya.

Meskipun kebanyakan bersifat ilmiah, tersedia pula beberapa teks humaniora dalam judul-judul yang dianggap Darwin menarik untuk dikaji dari sudut pandang ilmiah.

Tim mengatakan 730 diantaranya berisi catatan pinggir penelitian yang banyak. Sebagai contoh, rekan Darwin,Charles Lyell menulis dalam “Principles of Geology” bahwa ada batasan tertentu untuk variasi spesies. Darwin menulis dipinggirnya “Jika ini benar adios teori”.

330 buku pertama yang paling banyak dituliskan catatan sudah tersedia secara online.

“Koleksi Darwin adalah yang salah satu yang paling penting dan populer yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Cambridge. Meskipun banyak orang berfokus pada naskah dan korespondensi yang dilakukan oleh Darwin, Perpustakaan yang dimilikinya justru belum mendapat perhatian yang layak – padahal itu adalah saat dimana ia terlibat dengan ide-ide dan teori lain yang membawa evolusi dalam pemikiran Darwin sendiri, “demikian yang dikatakan Pustakawan Universitas Anne Jarvis.

“Karena teori evolusi Darwin mencakup begitu banyak aspek-aspek alam, membaca adalah sumber utama bagi dirinya untuk menyajikan bukti dan ide-ide yang ia kemukakan. Darwin bahkan sempat mengatakan bahwa ia telah menjadi sebuah “mesin giling” untuk mengeluarkan hukum-hukum umum dari fakta-fakta yang ada”

Selain menyediakan gambar-gambar, catatan-catatan transkrip tersedia pula indeks untuk pencarian. Anda dapat mengunjunginya di http://www.biodiversitylibrary.org/collection/darwinlibrary

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com