Popularitas Ubuntu Tergeser Linux Mint ?

Gambar dari Distro-watch menunjukkan bahwa popularitas ubuntu mengalami penurunan.

Penurunan Popularitas Ubuntu di DistroWatch

Meskipun distro tersebut masih diatas, tampak terlihat distro lain sudah mulai menggerogoti para penggunanya. Bahkan jika dilihat dalam waktu 30 hari terakhir, posisi Ubuntu sudah digeser oleh Linux Mint

Peringkat DistroWatch 30 Hari Terakhir

Begitu juga jika diperpendek lagi menjadi 7 hari terakhir.

Posisi DistroWatch 7 Hari Terakhir

Mungkin sedikit mudah untuk menuduh penyebab hal itu terjadi, yakni Unity.

Jika kita perhatikan di posisi popularitas distro-watch, tampak bahwa Mint mulai semakin menipiskan jaraknya dengan Ubuntu. Linux Mint sendiri sesungguhnya adalah turunan dari Ubuntu, tetapi memilih tetap setia pada GNOME versi lama. Hal ini tidak mengejukan karena Linux Mint juga terpilih sebagai distro terbaik untuk desktop versi TechRadar.

Linux Mint juga terasa sedikit serupa dengan WindowsXP. Bisa jadi ini gejala baik yang menunjukkan semakin banyaknya pengguna awam yang memilih migrasi ke GNU/Linux.

Yang menarik Fedora dengan GNOME Shell juga tidak mengalami perubahan posisi yang signifikan, menunjukkan bahwa memang dibutuhkan waktu para pengguna untuk menyesuaikan diri kembali dengan lingkungan desktop yang baru, mengingat GNOME klasik sudah cukup lama akrab dengan para pengguna distro-distro LINUX.

Bagaimana menurut anda ?

Diolah dari DistroWatch.Com dan berbagai sumber lain oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Iklan