Google Sentuh 1 Milyar Pengguna Per Bulan

ZdNet.Com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan Internet, Google menyentuh satu milyar pengunjung unik. Itu terjadi pada bulan Mei lalu, demikian yang dilaporkan oleh comScore di Wall Street Journal. Yang perlu dicatat adalah fakta bahwa Google mampu mengalahkan facebook.

Google mungkin memimpin pada bulan Mei lalu dengan 8,4 % penambahan pengunjung unik yang membawa mereka menyentuh angka 1 milyar pengguna, tetapi Microsoft semakin dekat di belakangnya dengan penambahan 15 % sehingga total penggunanya adalah 905 juta pengunjung. Yang menarik justru ternyata Facebook mengalami lonjakan yang paling tinggi yakni 30 %, dengan jumlah pengguna mereka sekitar 714 juta orang.

Data comScore didasarkan pada “panel pengukuran global” mereka yang ada pada sekitar 2 juta pengguna. Jika dianalogikan mungkin persis dengan apa yang dilakukan oleh Nielsen untuk mengukur rating acara televisi. Walaupun comScore menerima data penampilan halaman dari 90 persen atau bahkan lebih publisher konten web, Google sendiri tidak memberitahukan nilai sebenarnya. Jadi angka tadi bukanlah sebuah nilai yang pasti, tetapi didasarkan pada realita pembulatan statistik.

Pada awal 2006, ketika comStore memulai mencatat angka-angkanya, mereka menempatkan Google dengan 496 juta pengguna unik per bulan dan jaringan konten Microsoft berada di urutan teratas dengan 539 pengguna. Waktu berubah.

Jelas, ini tidak mewakili kemenangan mutlak Google atas rivalnya Facebook. Facebook masihlah memimpin dalam hal waktu yang dipergunakan pengunjung untuk satu website. Pengguna Facebook menghabiskan waktu total 250 juta menit pada bulan Mei, sementara Google 200 juta menit  dan Microsoft 204 juta menit.

Tapi tentu ini adalah berita yang baik bagi para pengguna layanan mesin pencari – setiap pengunjung pasti menampilkan  iklan konstektual dari Google, dan mereka dapat membangun bisnis sebesar yang mereka bisa.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com