Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Firefox Akhirnya Luncurkan Firefox 5.0

H-Online.Com – Seperti yang sudah ditunggu-tunggu, Proyek Mozilla telah merilis Firefox versi 5.0. Update web browser open source ini muncul hanya tiga bulan setelah versi terakhir utama proyek tersebut, Firefox 4.0 (yang mengalami sejumlah penundaan) diluncurkan.

Mozilla telah mengadopsi suatu versi model yang sama dengan yang digunakan oleh Google untuk browser Chrome.

Salah satu penambahan yang paling penting di Firefox 5 adalah dukungan untuk animasi CSS, sebuah fitur yang sudah ditawarkan oleh browser lain seperti Safari selama beberapa waktu terakhir.

Ketika membuat sebuah animasi CSS, seorang pengembang dapat menentukan durasi animasi dan nama animasi tersebut dalam sebuah CSS untuk elemen HTML yang bersangkutan. Selektor @keyframes yang terkait dengan nama ini diikuti oleh aturan-aturan yang mendeskripsikkan titik awal dan titik akhir elemen tersebut lengkap dengan tahap-tahap peralihan opsional.

Preferensi Do-Not-Track header telah dipindahkan untuk “meningkatkan daya jelajah”. Pada Windows, kini ia dapat ditemukan di “Tools->Options->Privacy”, sementara di Mac OS X dan Linux dapat ditemukan di “Firefox->Preferences->Privacy”. Preferensi ini memungkinkan pengguna untuk memberitahukan kepada website untuk tidak melakukan penjejakan pada browsing yang dilakukan oleh pengguna. Tapi apakah website yang bersangkutan merespon atau tidak opsi tersebut, bergantung pada pengembang webnya.

Perubahan lain termasuk peningkatan canvas, JavaScript, memory dan performa jaringan, begitu juga ada update pada dukungan standar untuk HTML5, XHR, MathML, SMIL dan canvas.

“Integrasi lingkungan desktop untuk pengguna Linux” juga ditingkatkan. Sebagaimana telah dikenalkan pada versi Beta-nya, switcher untuk kanal pengembangan Firefox sudah dibuang. (Inilah yang menyebabkan anda tidak perlu menghilangkan Firefox versi sebelumnya untuk menginstall Firefox 5)

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Artikel Terkait :