Apakah Kita Masih Memerlukan FSF, GNU dan GPL ? (2)

Bagian ke-2 dari 4 Tulisan

Oleh : Glyn Moody (ComputerWorld.Uk & Heise.De)

Artikel Asli : http://www.h-online.com/open/features/Do-we-still-need-the-FSF-GNU-and-GPL-1258669.html

Terjemah Bebas dan Editing oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

LINUX, Dorongan Perangkat Lunak Alternatif dan Inspirasi FSF & GNU

Free Software Foundation adalah pengawal dari proyek GNU yang merupakan awal segalanya. Meskipun halaman website mereka  dengan setia selalu menyebut  GNU Hurd, tidak ada pengakuan jelas bahwa “GNU Hurd masih membutuhkan beberapa hal sebelum benar-benar siap digunakan sehari-hari”. Tapi itu bukan masalah besar, karena kini ada Linux yang kemudian mengisi kekosongan besar di jantung GNU tersebut. Jadi bisa dikatakan, proyek GNU sudah komplit – meskinpun ada juga daftar beberapa distro GNU/Linux yang dianggap benar-benar mematuhi aturan ketat yang ada :

Berikut ini adalah distro GNU / Linux yang memiliki komitmen yang kuat dengan kebijakan untuk hanya menyertakan perangkat lunak bebas. Mereka menolak menggunakan aplikasi non-free, platform pemrograman non-free, driver non-free, atau perangkat firmware yang non-free. Jika karena satu kesalahan mereka menyertakannya maka mereka akan mengeluarkannya. 

Keberadaan daftar tersebut seakan memberikan petunjuk tentang peran dari FSF : ia menjadi penentu apakah suatu perangkat lunak benar-benar bebas.

Masalahnya kini, apakah anda setuju atau tidak dengan sistem pemberian keputusan seperti itu, walau tidak ada yang menyangkal bahwa hal itu juga mungkin berguna, setidaknya sebagai titik referensi.

Demikian pula, kebanyakan dari proyek perangkat lunak yang ada saat ini bertujuan untuk mengganti software-software utama yang bukanlah perangkat lunak bebas – misalnya Skype. Hal ini menjadi semacam pemberitahuan yang berguna bahwa adalah tidak mungkin untuk berinteraksi dengan dunia menggunakan perangkat lunak bebas sepenuhnya.

Dan karena itu kita bisa mengatakan bahwa proyek GNU belumlah lengkap. Dan FSF mengupayakan agar tujuan yang bermanfaat tersebut ini bisa mencapai tujuannya dalam wilayah yang lebih luas.

FSF juga mendorong beberapa inisiatif gerakan independen seperti FreedomBox. FreedomBox berupaya menyebarkan ide FSF, sebagaimana dideskripsikan berikut ini oleh Eben Moglen, penggerak utama proyek FreedomBox, yang juga mantan Konsulat Jenderal di FSF :

Tujuan pembuatan perangkat-perangkat cerdas adalah untuk dapat bekerja sama dalam memfasilitasi komunikasi yang bebas antara orang-orang, secara nyaman dan aman. Ini melampaui ambisi kekuasaan untuk melakukan campur tangan. Hal ini dapat membuat kebebasan berfikir dan kebebasan informasi menjadi fitur yang permanen, yang tidak dapat dihilangkan dari jejaring tempat kita hidup.

Selain alasan diatas, saya rasa ada alasan lain, dan sangat berbeda yang menunjukkan mengapa FSF dan proyek GNU penting adanya.

Bersambung (rezaervani@gmail.com)

Berikutnya : Ekosistem “Kolaboratif dan Saling Berbagi”