Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

ICANN Setujui Pelebaran Domain Top Level

CNet.Com – Lembaga Utama yang mengatur Internet hari ini telah menyetujui perluasan baru domain top-level – ini menjadi salah satu perubahan paling dramatis dalam sejarah Internet.

Selama pertemuan khusus di Singapura,Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) memutuskan untuk secara dramatis meningkatkan jumlah akhiran nama domain dari 22 yang ada saat ini. Langkah ini akan memungkinkan nama domain berakhir hampir dengan kata apa saja, yang memungkinkan perusahaan untuk menjadikan merek mereka menjadi ekstensi di internet.

“ICANN telah membuka sistem penamaan Internet untuk melepaskan imajinasi manusia global,” kata Rod Beckstrom, Presiden dan CEO ICANN, dalam sebuah pernyataan.

“Keputusan hari ini dibuat untuk menghormati hak-hak semua kelompok untuk membuat Domain Top Level dalam setiap bahasa atau script. Kami berharap ini memungkinkan sistem penamaan domain untuk lebih melayani semua umat manusia..”

Petrus Dengate Thrush, Ketua dewan direksi ICANN, mengatakan “keputusan ini akan membawa ke era baru Internet. Kami telah menyediakan sebuah platform untuk kreativitas dan inspirasi generasi berikutnya.”

ICANN mengatakan akan segera memulai kampanye global untuk mendidik masyarakat tentang perubahan dan kesempatan yang mereka miliki.

Aplikasi untuk Domain top-level akan diterima mulai dari tanggal 12 Januari 2012 sampai dengan 12 April 2012, demikian disampaikan oleh ICANN.

Ratusan pengajuan untuk akhiran ini tampaknya akan masuk termasuk .car, .love, .movie, .web, and .gay.

Pertentangan dalam masalah domain top-level telah lama dan sering terjadi. Awal tahun ini, keretakan antara pemerintah nasional dan organisasi nirlaba terjadi terkait berapa pengaruh yang dimiliki oleh pejabat pemerintah dan para pemilik merek dagang ditingkat yang lebih rendah. Perebutan terjadi tentang siapa yang akan menikmati wewenang menciptakan akhiran nama domain baru.

Juga, usulan AS untuk memberikan kepada pemerintah mereka dan beberapa pemerintah lain hak untuk memveto pemilihan nama domain top-level gagal disetujui.

Sekelompok negara-negara menolak proposal tersebut, menyimpulkan sebaliknya bahwa pemerintah dapat menawarkan “nasihat” yang tidak mengikat tentang akhiran kontroversial tapi tidak memiliki hak veto yang sebenarnya.

Akhiran domain yang diusulkan seperti .gay cenderung untuk menimbulkan perdebatan di negara-negara tertentu.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com