10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (9)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk Server : CentOS 5.6

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) hampir tak tersentuh di pasar bisnis. Itu salah satu area yang paling menguntungkan dan didukung oleh ekosistem Linux, dan seperti yang Anda duga, harganya mahal. Ini hanya tersedia jika Anda bersedia membayar untuk dukungan, layanan dan upgrade, dengan harga yang berada diluar jangkauan mereka yang tidak memiliki dana cukup.

Tapi RHEL masihlah open source, dan walaupun paket biner mungkin tidak tersedia, kode sumber untuk paket tersebut harus tetap tersedia. Disinilah CentOS lahir. Dari kode sumber RHEL mereka membangun kembali fiturnya sendiri. Ia menjadi cukup dekat bahkan hampir 100% kompatibel dengan paket-paket pihak ketiga pada RHEL, dan merupakan pilihan terbaik untuk proyek-proyek online yang tidak dapat menggunakan RHEL

Version 5.5 dirilis pada bulan Mei, sekitar dua bulan setelah rilis RHEL. Anda akan mendapatkan paket yang sama, perbaikan yang sama, aplikasi dan desktop Gnome yang sama. Yang tidak ada hanyalah dukungan komersial, tetapi komunitas CentOS sangat aktif, dan selalu senantias siap membantu, membuat CentOS menjadi satu-satunya pilihan bagi performa kritis dengan tanpa biaya apapun.

Kesimpulan : Perbedaan nyata antara CentOS dan RHEL hanyalah logo dan tema desktop

OS lain yang dapat dipertimbangkan : PC-BSD (kami tahu dia bukan Linux, tetapi merupakan distribusi BSD yang luar biasa)

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Multimedia

Seri Selengkapnya :

Iklan