10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (8)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk Kantoran : OpenSUSE 11.4

Ini menjadi satu-satunya distribusi di daftar 10 ini yang secara bawaan menggunakan KDE. dan OpenSuse memilih menggunakan KDE dengan alasan yang baik : Desktop yang nampak sebagai yang paling familiar digunakan di lingkungan kantoran.

KDE seringkali disamakan dengan Windows, dan dikarenakan sekarang baik Gnome maupun Ubuntu telah mengambil langkah-langkah besar meninggalkan metafora desktop kuno, maka KDE akan menjadi alternatif yang kuat bagi mereka yang masih ingin menggunakan jendela, ikon, menu dan pointer.

Tapi ada beberapa tambahan kompleksitas dimana Novell sekarang tidak lagi independen dan terlalu dini untuk mengatakan seberapa besar komitmen Attachmate,sang pemilik baru, pada distribusi Linux – meskipun setiap rilis baru masih sesuai dengan  jadwal yang ada. Tetapi jika sistem yang digunakan di kantor Anda adalah penting bagi keberhasilan Anda, OpenSuse menjadi pilihan yang baik dan memiliki fungsi yang Anda butuhkan.

Adalah hal yang membantu jika Novell dan Attachmate tetap membuat kontribusi yang signifikan terhadap open source, apalgi kini OpenOffice.org tidak lagi relevan dan LibreOffice telah mengambil tempatnya. Namun, pada saat yang sama, dilaporkan bahwa Attachmate memberhentikan pengembang Mono pada bulan Mei yang lalu, dan proyek ini kini berada dibawah manajemen baru,  tidak jelas apa yang mungkin terjadi pada masa depan OpenSUSE.

Tapi apapun itu, OpenSUSE masih merupakan distribusi yang layak untuk lingkungan kantor, dengan dukungan komersial yang sangat baik jika Anda membutuhkannya.

Ringkasan: Berkat hubungan yang kuat dengan Microsoft, OpenSUSE masih merupakan pilihan besar jika kantor Anda perlu untuk bekerja dengan Office.

Distribusi lain yang dapat dipertimbangkan : Mandriva

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Server

Seri Selengkapnya :