10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (7)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk SysAdmin : Debian 6.0.1

Debian telah menjadi kakek dari gelombang baru Linux. Ubuntu, awalnya didasarkan pada Debian, mewarisi banyak kekuatannya, termasuk format paket, banyaknya paket, file konfigurasi dan lokasi.

Dan sebagai hasilnya, Ubuntu juga memiliki turunannya sendiri, seperti Mint, Crunchbang dan gOS. Ini memberikan keuntungan besar bagi Debian. Ia akan terasa akrab bagi jutaan orang yang belum pernah menggunakannya. Dan karena alasan itu, ia menjadi pilihan yang sempurna untuk administrator sistem yang telah menggunakan salah satu turunannya.

Tapi ada alasan lain, yang lebih penting.  Versi Mayor Debian umumnya dirilis pada tahun terpisah, dan perangkat lunak yang membuat versi final tersebut telah  diuji hingga ke titik paling detail. Versi 6 memakan waktu sedikit lebih  lama dari yang direncanakan, tapi akhirnya dirilis juga pada bulan Februari lalu. Debian 6 dibangun diatas platform yang sempurna untuk perangkat , utilitas dan solusi Anda sendiri, serta memungkinkan Anda menginstal hampir apapun yang Anda butuhkan melalui manajer paket. Sebuah tugas yang tidak dapat disaingi misalnya oleh Fedora.

Debian mungkin tidak memiliki dukungan komersial seperti Fedora, tapi masih sangat amat secara mengagumkan, menyertakan SELinux, X server dan desktop terbaru, serta kemampuan baru untuk dijalankan sebagai Live CD, menjadikannya sempurna untuk pemecahan masalah ad-hoc.

Ringkasan: Dinamai serupa dengan potongan nama pacar sang pendiri, Debian telah matang menjadi distribusi yang stabil, menjadi pilihan yang masuk akal dan sadar untuk pengguna Linux yang cerdas.

Distro lain yang pantas dipertimbangkan : Arch Linux

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Kantoran

Seri Selengkapnya :