10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (5)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk desktop: Linux Mint 11

Banyak yang berubah dalam hirarki distro Linux. Dengan beralihnya Ubuntu ke Unity dan Fedora ke Gnome Shell, sekarang ada ruang kosong yang dapat diisi oleh distro yang tetap ingin menggunakan GNOME versi lama.

Inilah yang dilakukan oleh Linux Mint 11 dengan sangat baik, disamping perubahan-perubahan yang juga ada. Top Bar GNOME tidak digunakan, menggunakan jendela status di bagian bawah sebagai satu-satunya ornamen pada layar. Launch menu juga mendapatkan perlakuan yang sama, mengganti trio Gnome ” “Application”, “Places” dan “Administration” dengan Menu tunggal khas Mint.

Versi 11 merupakan upgrade yang solid, ada penambahan manajer perangkat lunak yang baru dan banyak perbaikan artistik lainnya. Jika Anda menggunakan banyak aplikasi dan  dulu merupakan pengguna Windows, Mint menawarkan versi desktop Gnome 2 yang luar biasa, dan tidak seperti Unity atau Gnome Shell, anda tidak akan memerlukan banyak waktu untuk menyesuaikan diri.

Di samping paket luar biasa dari Ubuntu, Mint memiliki beberapa paket. Dan masih terlihat sangat indah, berkat Compiz dan pengaturan panel desktop yang tertanam dalam aplikasi Control Centre yang terus berkembang di tiap rilis. Hasil akhirnya adalah sebuah distribusi yang “berdiri di pundak seorang raksasa” dan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk desktop Anda.

Kesimpulan : Jika anda tidak menyukai Unity atau GNOME 3, maka Mint adalah desktop Gnome 2 terbaik yang pernah ada.

Distro lain yang dapat dipertimbangkan : Ubuntu

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Netbook

Seri Selengkapnya :