10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (3)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk Dikustomisasi : Arch

Meskipun mungkin hanya untuk sementara waktu, tapi hanya selama dua belas bulan terakhir popularitas Arch telah meningkat, dan sekarang menjadi salah satu distribusi Linux paling populer yang ada. Hal ini mungkin mengejutkan karena Arch jelas bukan distribusi untuk mereka yang tidak siap.

Instalasi, misalnya, menggunakan menu berbasis teks yang hanya memberikan sedikit bantuan untuk mempartisi drive Anda, mengkonfigurasi perangkat nirkabel, menginstal paket atau bahkan mengatur pengguna default. Bahkan setelah instalasi telah selesai, Anda perlu untuk mengkonfigurasi sendiri lingkungan grafis anda serta menambahkan aplikasi yang mungkin Anda butuhkan.

Tapi hasil akhirnya tidak akan mengecewakan. Anda akan memiliki instalasi Linux yang berjalan dengan apa yang Anda butuhkan, dan Anda akan belajar banyak tentang bagaimana prosesnya berjalan. Hal itu adalah sebagian besar berkat Wiki Arch, sebuah repositori informasi yang luas dan ditulis dengan baik serta dapat digunakan untuk memungkinkan – bahkan bagi pemula Linux – untuk menginstal sistem operasi.

Manajemen paket Arch juga layak dibanggakan. Kebanyakan distribusi besar meng-upgrade setiap enam bulan. Sebaliknya, paket di Arch diperbarui langsung ketika paket tersebut mereka dirilis, sehingga selalu memberikan versi paling terakhir pada semua yang anda instal. Dan ada paket yang banyak untuk dipilih, termasuk paket bursting repository yang baru dikompilasi saat Anda menginstal mereka.

Hasil akhirnya adalah distribusi canggih yang cepat, dikonfigurasi dan dibangun sepenuhnya untuk kebutuhan anda.

Ringkasan: Sebuah distribusi yang membawa kembali sebagian besar roh Linux yang dirintis sejak lama

Distribusi lain yang dapat dipertimbangkan : Gentoo

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Hardware Tua

Seri Selengkapnya :