10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (2)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Distro Terbaik untuk Pengguna Tingkat Lanjut : Fedora 15

Distro Fedora mengikuti jejak dan melakukan pendekatan free software tanpa kompromi, . Ia menawarkan banyak keuntungan yang sama dengan Ubuntu seperti dukungan hardware sangat baik, tampilan desktop yang halus dan banyak pilihan paket perangkat lunak, dengan beberapa inti-filosofi cita-cita yang telah membantu membuat Linux seperti sukses.

Contoh terbaik untuk hal ini adalah rilis terbaru. Fedora 15 adalah distribusi besar pertama yang dipaketkan dengan Gnome terbaru – Gnome Shell. Seperti Unity Ubuntu, Shell adalah upaya untuk mengubah harapan orang tentang bagaimana desktop Linux harus terlihat dan terasa. Mereka menggunakan pendekatan yang sama demgan Unity, lengkap dengan transisi animasi, launch bar and application launcher, hingga memalukan karena dua proyek tidak bisa bekerja sama, padahal keduanya memiliki kekurangan dalam hal stabilitas.

Sebagai hasilnya, Fedora 15 bukan distribusi ideal jika Anda sedang mencari yang dengan mudah mendukung perangkat lunak berpemilik dan tertutup. Codec MP3, Adobe Flash dan driver Nvidia yang tidak mudah untuk diinstal, dan bahkan menjadi semakin sulit di tiap rilis baru. Kecuali, Anda akan bersikukuh dengan software alternatif open source yang disediakan oleh Fedora.

Untungnya, Fedora masih distribusi yang Anda dapat buat sendiri. Mereka memiliki lingkungan pengembangan yang mudah. Lokasi shared library, file konfigurasi dan kernel header benar-benar mengikuti standar yang sudah berlaku sejak lama.

Ini berarti bahwa dengan Fedora 15 Anda mendapatkan yang terbaik dari dua dunia: dunia terdepan dari Gnome Shell, langsung dari CD instalasi, dan keunggulan lingkungan kerja, yang sepenuhnya sesuai dengan standar dan dapat diandalkan dimana Anda dapat membangun distribusi Anda yang sempurna.

Ringkasan: Masih merupakan perpaduan antara tujuan mulia dan rencana bisnis perusahaan yang tidak memiliki kompromi.

Distro Lain yang Dapat Dipertimbangkan : Slackware

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Dikustomisasi

Seri Selengkapnya :

Iklan