10 Distro LINUX Terbaik 2011 versi TechRadar (1)

Sumber : TechRadar.Com

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Kompatibilitas hardware, kemudahan penggunaan, ukuran repositori perangkat lunak. Ketiga atribut tersebut bersifat unik untuk masing-masing distribusi Linux. Tetapi pada saat yang sama, setiap distribusi Linux bebas untuk diambil dan dipadukan dengan apa saja yang diinginkan satu sama lain.

Hal ini menciptakan situasi yang unik, di mana ide-ide yang brilian dapat menyebar dengan cepat, dan yang buruk ditinggalkan. Dan sebagai hasilnya, ada puluhan update distro update tiap bulan, ratusan tiap tahun, dalam “lomba” menuju puncak tangga di DistroWatch.com.

Inilah sebabnya mengapa jawaban atas pertanyaan manakah distribusi yang terbaik untuk Anda terus menerus mengalami perubahan, dan itulah mengapa kita harus tetap terus mengamati perkembangan distribusi yang ada.

Berikut ini adalah rekomendasi kami yang terbaru untuk tahun ini, dibagi untuk pengguna umum. Cobalah sendiri. Mereka semua gratis !!

Distro terbaik untuk pemula: Ubuntu 11.04

Kita harus mengakui bahwa meskipun ada penolakan dimana-mana pada penggunaan Unity. Ubuntu baru saja berhasil mempertahankan posisi teratas sebagai distro-terbaik untuk pemula. Hal ini karena rilis terbaru akan membuat orang dengan latar belakang Windows, Gnome atau KDE 2 akan merasa asing, meskipun mungkin pengguna Mac akan merasa lebih akrab daripada yang lainnya.

Hal ini disebabkan tim Ubuntu mengganti desktop lama dengan sesuatu yang disebut Unity – suatu antarmuka full-screen yang mulus dan cepat. Memungkinkan Anda untuk beralihntara aplikasi dan menemukan file Anda dengan lebih cepat. Walaupun di rilis pertama ini ada beberapa masalah stabilitas. Jika hardware grafis Anda tidak bekerja seperti yang diharapkan, kembali ke desktop yang lama dapat menghilangkan kebingungan.

Tetapi ada dua alasan mengapa Ubuntu masih merupakan pilihan yang fantastis untuk pemula – kompatibilitas hardware dan kemudahan instalasi. Masukkan disk dalam drive, jawab beberapa pertanyaan mudah, dan Anda akan mendapatkan desktop anda sudah terinstall dalam waktu singkat.

Pengembang Ubuntu tahu bagaimana membuat desktop terlihat baik. Unity adalah cara baru menggunakan desktop, tapi itu juga merupakan langkah percobaan yang berani dan merupakan sesuatu yang berbeda, mulai dari fitur drag dan drop file ke aplikasi atau cara menginstall aplikasi dari panel pencarian global.

Ubuntu masih menawarkan salah satu desktop terbaik yang pernah ada, memiliki repositori perangkat lunak yang belum tertandingi, kemudahan instalasi perangkat lunak proprietary seperti Flash dan driver Nvidia, serta memiliki komunitas terbesar dan paling mudah diakses di internet. Mereka masihlah menjadi pemenang. Tapi kita tidak bisa mengatakan untuk berapa lama.

Ringkasan: Mudah instalasi, memiliki repositori paket yang kaya dan bantuan pengguna dari komunitas membuat Ubuntu menjadi pilihan yang cocok untuk pendatang baru. Tapi penggunaan Unity dapat menyebabkan masalah.

Distro lain yang dapat juga dipertimbangkan :  Mageia 1.0

Berikutnya : Distro Terbaik untuk Pengguna Tingkat Lanjut

Seri Selengkapnya :