Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Oracle Tuntut Google Miliaran Dollar

H-Online.Com – Perselisihan hukum terkait Sistem Operasi Android dari Google semakin memanas. Tahun lalu, Oracle mengajukan gugatan terhadap pelanggaran paten dan hak cipta pada penggunaan Java untuk pengembangan Android. Pada petisi yang diajukan ke pengadilan dan dipublikasikan pada kamis kemarin, Oracle mengatakan mereka menderita kerugian hingga miliaran dollar.

Berdasarkan laporan di media Amerika Serikat, Oracle meminta pengadilan distrik San Fransisco untuk menolak permintaan Google yang ingin tetap merahasiakan dokumen yang mereka gunakan.

Diantaranya, mereka mempertanyakaan analisa yang dilakukan oleh seorang ahli Oracle yang dikutip dalam klaim finansial perusahaan. Google ingin pendapatan mereka dari iklan dikeluarkan dari perhitungan karena mereka mengatakan hal itu tidak ada hubungannya dengan sistem operasi yang digunakan. Berdasarkan analisa tersebut, Oracle mengatakan bahwa mereka menderita kerugian miliaran dollar.

Saat Oracle mengambil alih Sun, mereka mengakuisisi hak bahasa Pemrogramman Java. Oracle mengatakan mereka melakukan tuntutan kepada Google untuk menutupi kerugian dan untuk mencegah pelanggaran yang lebih jauh. Paten yang dipersengkatakan termasuk nomor 6,125,447, 6,192,476, 5,966,702 dan 7,426,720.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com