Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

ISO Ubuntu 11.10 akan tersedia dalam bentuk Hybrid CD/USB Images

H-Online.Com – Anggota Technical Board dan Pimpinan Tim Installer Ubuntu  Colin Watson telah mengumumkan bahwa versi resmi Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot” akan tersedia dalam bentuk ISO, yang memperkenankan pengguna langsung menyalin ISO ke dalam perangkat USB tanpa membutuhkan lagi perangkat eksternal. Dimulai pada pengembangan 16 Juni , semua image CD amd64 dan i386 di cdimage.ubuntu.com akan tersedia dalam bentuk hybrid images.

Dalam postingnya di mailing list Pengembang Ubuntu, Watson mengatakan bahwa pengguna dapat tetap menggunakan usb-creator tool, seperti Ubuntu Live USB creator, jika mereka hendak mengaktifkan persistent storage di flash disk USB. “Tetapi jika anda hanya hendak menginstall dari flash disk maka keberadaan hybrid image akan lebih menyederhanakan proses yang dilakukan.” Walau demikian, para pengembang memberikan catatan bahwa fitu tersebut muncul dengan “sedikit penambahan ukuran” sebagai konsekuensi adanya tambahan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung hal tersebut.Dalam sebuah CD Desktop, ada penambahan sekitar 1 MB. Sejumlah distro lain seperti openSUSE dan Fedora sudah menggunakan ISO hybrid selama beberapa waktu terakhir.

Rilis stabil Ubuntu terakhir adalah Ubuntu 11.04Natty Narwhal, sementara versi Long Term Support (LTS) terkini adalah Ubuntu 10.04.2 LTS “Lucid Lynx”. Versi final dari Ubuntu 11.10 dijadwalkan  muncul pada 24 Oktober yang akan datang. Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd yang bermarkas di Inggris.

Terjemahan Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com