Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Stallman Anjurkan untuk Tidak Patuhi Undang-undang Anti Pembajakan Spanyol

TorrentFreak.Com – Dalam wawancara baru-baru ini dengan suratkabar Spanyol El Pais, Richard Stallman mengatakan masyarakat seharusnya tidak mematuhi hukum anti pembajakan baru yang diterapkan di Spanyol.

“Itu sama tidak adilnya dengan Sarkozy dan Berlusconi, dan seharusnya tidak dipatuhi oleh pengguna” kata Stallman merujuk pada Undang-undang Sinde.

“Berapa banyak bayaran yang diterima oleh penulis untuk membayar pengeluaran-pengeluarannya ? Seratus, lima ratus ? Apakah itu cukup besar untuk menghalangi kebebasan semua orang. Mengumpulkan data pribadi pengguna hanya dapat dilegalkan dengan perintah pengadilan jika orang tersebut dicurigai melakukan kejahatan. Berbagi file non komersial seharusnya dilegalkan. Ini adalah kebebasan yang mendasar.”

Stallman lebih jauh mengomentari rambutnya “rambut panjang saya adalah sebuah keputusan politik”, begitu juga bayinya (Free Software Foundation), yang ia katakan melakukan hal yang lebih daripada anak-anak biasa.

“Saya tidak punya keluarga dan tidak ingin memiliki anak-anak, karena anak-anak akan memaksa anda untuk mencari lebih banyak uang”

“Putra saya adalah Gerakan Perangkat Lunak Bebas, dan saya percaya bahwa kontribusinya lebih dari anak-anak biasa yang lain untuk membuat dunia sedikit lebih baik. Adalah benar bahwa hak cipta hanyalah area sekunder dimana orang dapat melihat demokrasi yang sakit karena hak cipta-hak cipta itu dijual ke perusahaan-perusahaan. Ini penting karena kebebasan banyak orang sedang dipertaruhkan”

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com