Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Python 2.7.2 dan 3.1.4 Dirilis

H-Online.Com – Seperti yang sudah diharapkan, Python 2.7.2 dan Python 3.1.4 telah dirilis oleh para pengembang Python. Kedua rilis tersebut menyertakan perbaikan security untuk menghentikan “redirection error” yang ada pada Python 2.5.6 bulan Mei lalu pada rilis “security fixes only” Python 2.6.7” yang diluncurkan minggu lalu. Tapi rilis terakhir ini adalah rilis maintenance umum sehingga berisi lebih banyak perbaikan dan koreksi, meskipun hanya Python 2.7.2 yang merupakan versi produksi terbaru.

Sebagai contoh, pada rilis 2.7.2 nampak peningkatan pada ukuran secondary thread stack pada Mac OS X dan FreeBSD untuk menurunkan kemungkinan crash, peningkatan kemampuan untuk menangani penanggalan diatas 2038 pada Windows dengan sistem file NTFS, perbaikan pada bug post-fork crashing di RHEL5, dan sekitar 160 perbaikan lain yang dapat dilihat detilnya di catatan rilis 2.7.2. Detil catatan rilis 3.1.4 juga berisi perbaikan stack dan penanggalan yang sama, bersama sekitar 140 perbaikan lainnya.

Python 2.7 adalah versi utama terakhir dari seri Python 2.x yang sedang diupayakan oleh seri Python 3.x yang ternyata tidak kompatibel.

Python 2.7 dirilis pada bulan Juli 2010 dan membawa banyak fitur Python 3.x kembali ke branch lama bahasa pemrograman tersebut. Python 2.7.2 adalah versi produksi terkini dari seri Python 2.x

Python 3.1 dirilis pada Juni 2009, dan telah digantikan oleh versi produksi terbaru pada Februari 2011 melalui rilis Python 3.2. Rilis Python 3.2.1 yang diharapkan segera menjadi kandidat rilis sudah tersedia pada tanggal 17 Mei yang lalu.

Sebagai versi produksi terbaru, Python 2.7.2 telah tersedia untuk diunduh dari halaman pengunduhan Python.org sementara Python 3.1.4 tersedia untuk diunduh dari halaman  pengumuman. Keduanya tersedia sebagai kode sumber, installer Mac OS X dan installer Windows  32 dan 64 bit dan memiliki lisensi di bawah lisensi perangkat lunak Python.

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com