Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

NetRexx sekarang OpenSource

H-Online.ComNetRexx, varian dari script bahasa Rexx yang dikembangkan oleh IBM, telah dibuat menjadi Open Source Software  dibawah naugan dari Rexx Language Association (RexxLA). Tanda-tanda bahwa bahasa tersebut akan menjadi open source muncul pada Februari lalu, dan kini tampaknya prosesnya sudah selesai.

NetRexx menambahkan beberapa teknik object-oriented ke dalam bahasa Rexx. Dikompilasi dalam kode byte Java dan kemudian dapat dijalankan pada JVM apapun, bahkan pada Dalvik VM Google Android. NetRexx dikembangkan pada pertengahan 1990. Rexx sendiri dibuat pada akhir tahun 1970 dan menjadi populer pada awal 1980 khususnya di OS/2 dan Amiga.

RexxLA mengatakan bahwa bahasa tersebut dipublikasikan dibawah lisensi ICU, varian lisensi dari MIT licence. René Vincent Jansen, presiden dari Rexx Language Association, berharap bahwa perspektif baru ini akan bermanfaat bagi NetRexx karena ia kini menjadi bisa digunakan lebih luas dibawah lisensi Open Source (Di dokumentasinya, IBM mennyebut NetRexx sebagai “alternatif yang efektif untuk Java”).

Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com