Minimnya situs berita Open Source berbahasa Indonesia, membuat penulis tergerak untuk mencantumkan kolom berita di blog ini. Berita akan diambil dari berbagai sumber di Internet, diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak pihak. Seperti ruang tanya jawab yang mencapai 4 artikel baru setiap harinya, berita-berita juga insya Allah akan diupdate secara harian di blog ini. Berita-berita hanya akan dimuat di KATEGORI BERITA dan selalu dibuat menempel di bagian paling atas Blog ini. Semoga menjadi sumbangsih kecil bagi dunia Open Source di Indonesia. Selamat menikmati. Artikel asli Berbahasa Inggris dapat dilihat dengan mengklik pranala nama domain di tiap awal artikel.

Ubuntu 11.10 Akan Menggunakan Login Manager yang Baru

Softpedia.Com – LightDM adalah display manajer sistem operasi, yang juga dikenal sebagai login manager. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa sebuah display manager juga berperan dalam remote login via protokol XDMCP dan pengaturan X server.

Mengapa menggunakan LightDM pada Ubuntu 11.10 ? Jawabannya sederhana, karena dibutuhkan sebuah layar login yang baru dan dapat berganti tema serta cocok dengan antarmuka Unity.

Tetapi pertama, para pengembang membutuhkan bantuan anda. Mereka ingin anda menguji LightDM sebanyak mungkin, dan melaporkan bug yang anda temukan. Berikut yang dikatakan oleh Robert Ancell beberapa hari yang lalu di mailing list Ubuntu

“Dikarenakan LightDM direncanakan menjadi display manajer bawaan di Oneiric, mulai dari versi Alpha 2 ini kami merasa akan menjadi sesuatu yang bermanfaat jika kami bisa mendapatkan penguji sebanyak mungkin, jadi mohon bantuan anda”

“Dengan fitur yang lebih sedikit dari pada  GDM yang ada saat ini (misalnya belum ada implementasi perpindahan pengguna). Saya telah menggunakan LightDM secara ekslusif selama sekitar 1 minggu tanpa ada masalah berarti, dan tampaknya mengindikasikan bahwa tidak akan ada masalah berarti di masa yang akan datang”

Berikut pengujian LightDM  di Ubuntu 11.04 :

Seperti yang anda lihat, ia terlihat jelek saat ini. Tapi ketika rilis final Ubuntu 11.10 dilakukan, login manger tersebut akan tampak seperti screenshot dibawah ini :

Bagaimana menguji LightDM ?

Di Ubuntu 11.10 lakukan perintah berikut :

sudo apt-get install lightdm lightdm-theme-gnome

Di Ubuntu 11.04 lakukan perintah berikut :

sudo apt-add-repository ppa:lightdm-team/ppa
sudo apt-get install lightdm lightdm-theme-gnome

.
Terjemah bebas oleh pengelola blog https://tanyarezaervani.wordpress.com