Yang Baru di “3.0”

(Bagian Ketiga dari 8 Tulisan)
Oleh Thorsten Leemhuis (H-Online.Com)
Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Wireless

Bagian Wi-Fi di kernel akan menawarkan dukungan “dasar” konfigurasi Wake on Wireless LAN (WoWLAN) (1, 2). Tambahan baru lainnya adalah driver RTL8192 untuk chip Wi-Fi PCIe RealTek RTL8191SE dan RTL8192SE (Contoh : 1). Ini adalah driver ketiga yang pengembang utamanya adalah RealTek sendiri serta telah telah diintegrasikan baru-baru ini ke dalam subsistem jaringan pada kernel.

Hacker kernel Larry Finger terlibat dalam integrasi tiga driver tersebut, para pengembang kini sedang berupaya untuk menyiapkan driver Wi-Fi yang dapat berfungsi sempurna untuk chip RTL8192DE dan RTL8191SU, meskipun driver keduanya sudah menjadi bagian dari kernel

Tambahan baru lainnya adalah driver  mwifiex untuk chip Wi-fi SD8787 dan SDIO yang digunakan terutama di embedded area. Kini driver  carl9170 telah tersedia pula, setelah pengembang membuang driver ar9170usb lama yang mendukung chip yang sama. Driver ath9k kini dapat  dialamatkan pada Atheros AR9340.

Satu dari pengembang driver Wi-Fi Broadcom b43 telah menyertakan  suatu driver untuk varian protokol dari Advanced Microcontroller Bus Architecture (AMBA) – Driver ini dibutuhkan bersama-sama beberapa komponen lain jika driver Wi-Fi mengakses chip Wi-Fi Broadcom secara fungsional.

Bersambung (rezaervani@gmail.com)

Berikutnya : Rt2x00 Wi-Fi driver

.


Daftar Artikel Ini Selengkapnya :