Yang Baru di “3.0″

(Bagian Keempat dari 8 Tulisan)
Oleh Thorsten Leemhuis (H-Online.Com)
Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Rt2x00 Wi-Fi driver

Pada Linux 3.0, driver kernel yang dibuat oleh untuk chip Wi-Fi Ralink didalam proyek Rt2x00 akan menawarkan dukungan eksperimental bagi seri chip RT5370. Driver untuk keluarga RT53xx berlanjut diklasifikasikan sebagai eksperimental, tetapi kini ia dikatakan memiliki dukungan penuh untuk chip-chip PCI tersebut dan bekerja lebih baik. Situasi ini sama dengan driver untuk seri RT33xx PCI dan chip USB yang tidak lagi berada dalam status “eksperimental”

Driver Ralink kini dapat juga diberikan instruksi untuk mengalamatkan sebuah perangkat PCI, PCIe atau USB tertentu via sysfs. Hal ini diperlukan jika driver tidak mendapatkan alamat perangkat Wi-Fi secara otomatis dikarenan ID PCI, PCIe atau USB-nya tidak ada dalam daftar driver perangkat yang didukung. Daftar tersebut tidak akan selalu diupdate, bahkan di kernel stabil dan long-term sekalipun, dikarenakan ada sedikit bahaya dari penambahan tersebut yang akan menimbulkan maalah bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan driver untuk perangkat keras yang lain.

Setiap versi kernel muncul dengan lusinan, jika tidak ratusan perubahan yang memperpanjang daftar driver yang disokong oleh ID PCI, PCIe dan USB. Log Kernel biasanya membuat link untuk commit seperti itu pada bagian “minor gems”. Perubahan yang sangat mencolok tersebut meningkatkan dukungan perangkat keras Linux dari waktu ke waktu. Sebuah contoh yang bagus pada Linux 3.0 adalah tiga commits yang ditambahkan untuk driver USB Wi-Fi Ralink rt2800usb yang akan memperkenankan driver untuk secara otomatis mendukung lebih dari 30 perangkat tambahan USB Wi-Fi dari beragam perusahaan manufaktur tanpa membutuhkan intervensi dari pengguna (1, 2, and 3); Bagaimanapun, beberapa adaptasi seringkali diperlukan pada perangkat keras USB dikarenakan perusahaan manufaktur perangkat keras lebih sering menggunakan ID perangkat yang terpisah dibandingkan perangkat PCI dan PCIe.

Driver untuk chip Ralink kini telah cukup matang bagi para pengembang untuk membuang driver rt2860sta dan rt2870sta yang dikembangkan oleh Ralink dan kemudian memasukkannya kedalam staging branch. Ini adalah contoh lain driver yang tidak matang di staging branch tetapi tidaklah diganti secara total dengan driver berbeda yang dikembangkan sebagian besar secara independen. Staging driver ath6kl untuk chip Atheros AR600x adalah driver lain yang diputuskan oleh pengembang untuk tidak dikembangkan di dalam area staging, tetapi diluarnya.

Bersambung (rezaervani@gmail.com)

Berikutnya : Minor Gem

.


Daftar Artikel Ini Selengkapnya :