Yang Baru di “3.0″

(Bagian Kedua dari 8 Tulisan)
Oleh Thorsten Leemhuis (H-Online.Com)
Terjemah Bebas oleh Pengelola Blog https://tanyarezaervani.wordpress.com

Ping untuk semua orang

Program ping kini menggunakan soket IPPROTO_ICMP yang baru untuk mengaktifkan unpriveleged user untuk mengirim dan menerima paket ICMP_ECHO. Sebelumnya, ping di Linux membutuhkan wewenang root atau pemberian hak operasional tertentu. Mac OS X telah menawarkan fungsi yang sama beberapa waktu terakhir. Komentar pada commit dan artikel pendek di LWN.net memberikan latar belakang seputar hal ini.

Sebuah penjadwal jaringan (network scheduler) telah disertakan ke kernel guna mengimplementasikan mekanisme Quick Fair Queue (QFQ), yang dapat dikatakan menghasilkan overhead yang lebih kecil. Syscall setns yang baru memperkenankan suatu namespace dibuat hingga dapat digunakan oleh beberapa proses. Berdasarkan keterangan pada Git-Pull, request akan sebuah namespace dapat, misalnya, memperkenankan koneksi VPN diisolasi. Latar belakang pendekatan ini juga menarik bagi virtualisasi kontainer dapat dibaca di artikel LWN.net.

Bluetooth

Bluetooth kini menawarkan dukungan Extended Inquiry Response (EIR) dan driver USB Bluetooth medukung MacBook Pro “8,2”

RealTek dan Broadcom

Pada Linux 3.0, driver LAN r8169 akan mendukung chip Realtek RTL8105, RTL8111E, RTL8168E and RTL8168DP (1, 2, 3). Sementara driver tg3 akan mendukung chip Broadcom 5720

Bersambung (rezaervani@gmail.com)

Berikutnya : Wireless

.


Daftar Artikel Ini Selengkapnya :